visitaaponce.com

Lima Jenis Es Krim Terlezat di Dunia

Lima Jenis Es Krim Terlezat di Dunia
Penjal es krim di Bangkok, Thailand sedang melayani pembeli. Cuaca panas membuat penganan ini banyak dicari(Jack TAYLOR / AFP)

Di tengah cuaca panas yang semakin meningkat, Es krim menjadi salah satu kudapan beku dan dessert atau hidangan penutup favorit banyak orang di dunia. Rasa manisnya yang beragam, lezat, dan segar membuatnya mampu menghilangkan dahaga dan membuat hati jadi bahagia.

Baik di Asia, Eropa, Amerika Serikat atau Amerika Selatan, memiliki jenis pengolahan es krim yang berbeda-beda namun tetap menjadi favorit bagi siapa saja dengan segala usia.

San Francisco dan New York bahkan menjadi rumah bagi lokasi Museum Es Krim yang sangat populer, sebuah penghormatan yang luas untuk menu yang mengandung kelezatan manis dan dingin ini.

Menurut sejarah kuliner seperti dilansir dari CNN pada Selasa (18/7), es krim sudah ada sejak abad ke-2 sebelum masehi. Lebih dari 1.000 tahun kemudian, Marco Polo seorang penjelajah Italia membawa resep es krim itu dari wilayah Timur Buki ke negaranya. Menu es salju dengan campuran beberapa bahan itu akhirnya berevolusi menjadi es krim seperti yang kita kenal sekarang.

Menurut pendiri merek es krim Jeni's Splendid Ice Creams dan penulis dua buku tentang es krim, Jeni Britton Bauer meskipun bentuk dan sajian es krim memiliki tampilan universal, banyak negara memiliki versinya sendiri.

Seiring perkembangan zaman, es krim di berbagai negara terus dimodifikasi dan melahirkan sesuatu yang baru. Dari proses pembuatanya, rasa, dan bahan yang digunakan melahirkan keunikan dan karakteristik. Berikut ini sederet es krim terlezat di dunia yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Es Krim Snow Cone, Amerika Serikat

Snow Cone yang disajikan lembut adalah es krim klasik asal Amerika. Penulis buku "The Ultimate Ice Cream Book” Bruce Weinstein, yang menulis secara lengkap 500 resep es krim yang berbeda itu menjelaskan bahwa Snow Cone adalah hidangan kombinasi yang berasal dari bahan susu, krim, gula, dan kuning telur serta dicampurkan dengan bahan pengental.

Es Krim Snow Cone memiliki tekstur lebih padat karena dibuat dengan mesin yang tidak memasukkan unsur udara ke dalam bahan-bahannya. Sebaliknya, mesin es krim akan mengaduk unsur udara ke dalam resep sehingga membuat hasil akhirnya lebih ringan dan lebih lembut dari puding.

Ada beberapa restoran cepat saji yang menyediakan es krim Snow Cone di AS seperti Dairy Queen, Midwest, Culver's, dan Carvel.

2. Es Krim Raspado, Meksiko

Es krim Raspado khas Meksiko memiliki rasa dan tampilan mirip seperti snow cone Amerika. Jika snow cone menggunakan sirup yang manis, raspado memakai buah asli atau jus buah segar.

Seorang ahli budaya Meksiko yang berbasis di Mexico City, Lillian Aviles mengungkapkan bahwa makanan manis dan dingin ini ada di mana-mana di seluruh Meksiko dan dijual di gerobak jalanan.

Menurut Aviles, di banyak pasar Meksiko, para penjual juga membuat campuran raspado dan milkshake yang disebut "eskimo" menggunakan susu, susu kental, buah musiman segar, gula, vanila, dan es serut.

3. Gelato, Italia

Selain pasta, es krim gelato sering dianggap sebagai simbol kuliner Italia. Faktanya, pergi mengunjungi restoran dan memesan gelato lokal merupakan gaya hidup orang Italia.

Britton Bauer menyatakan bahwa restoran atau toko gelato adalah tempat hangout populer dan ikon serta menjadi budaya orang Italia,  tempat mereka berkumpul dan bersosialisasi.

Secara kandungan gizi, Gelato Italia lebih rendah lemak daripada es krim tradisional. Hal itu karena gelato memiliki bahan-bahan yang lebih sehat seperti susu murni, telur, gula, dan perasa alami seperti cokelat, hazelnut, pistachio, dan stracciatella. Biasanya gelato dengan rasa es krim vanila yang dicampur dengan potongan cokelat adalah rasa paling disukai.

4. Crème Glace, Prancis

Bentuk es krim yang satu ini terlihat seperti gelato dan memiliki tekstur serupa. “Tetapi crème glace atau es krim Prancis lebih kaya daripada gelato,” kata Weinstein.

“Glace adalah perpaduan yang bagus antara puding belu Amerika dan gelato, menu ini hampir selalu dibuat menggunakan krim dan telur. Salah satu rasa yang paling ikonik adalah karamel asin,” ujarnya,

Menurut sejarah kuliner, restoran Paris yang masih beroperasi, Le Procope, yang dibuka oleh seorang imigran Italia pada akhir abad ke-17. Dia lah yang memperkenalkan es krim ke Prancis. Meskipun tempat legendaris ini masih menyajikan glace, restoran ini sekarang lebih dikenal karena hidangan gurihnya.

5. Dondurma, Turki

Turki memiliki jenis es krim unik yang disebut Dondurma dengan tekstur elastis dan dibuat dari susu kambing, gula, dan salap, yaitu daging buah anggrek ungu. Dondurma juga sering kali mengandung damar wangi atau resin rasa pinus yang diekstrak dari pohon damar wangi.

Pendiri perusahaan perjalanan Sea Song Tours dan penduduk Istanbul, Karen Fedorko Sefr mengatakan penduduk setempat, menyebut es krim ini sebagai Maras dondurma, yang diambil dari nama kota di wilayah Mediterania di Turki.

“Saat Anda membeli dondurma, akan disuguhkan sebuah hal unik yaitu seperti menonton pertunjukan. Para pria yang menjual es krim akan mengenakan pakaian tradisional Turki (aba) dan topi sultan, lalu mereka mulai meregangkan, memelintir, dan memutar es krim hingga membentuk kerucut. Anak-anak dan orang dewasa sangat menikmati pertunjukan ini,” katanya.

Orang Turki biasanya membeli dondurma dari gerobak pinggir jalan atau di pasar. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat