visitaaponce.com

Ada Sensasi Perut Kembung Usai Makan Buah Mungkin Karena Ini

Ada Sensasi Perut Kembung Usai Makan Buah? Mungkin Karena Ini
Ilustrasi(Dok MI/gohealthuc.com)

KONSUMSI buah memang mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh, seperti membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Di sisi lain, ada beberapa orang yang mengalami efek samping seperti sakit perut hingga gejala pencernaan lain usai mengonsumsi buah. Nah, biar tidak salah sangka, ada beberapa hal yang disebut bisa memicu kemunculan efek tersebut, yuk simak lebih dulu.

1. Tidak Bisa Mencerna Fruktosa

Salah satu penyebab sakit perut setelah makan buah adalah karena tubuh kesulitan mencerna fruktosa. Fruktosa adalah salah satu gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan dan beberapa sayuran dan madu, menurut Mayo Clinic.

Ketika sistem pencernaan Anda tidak menyerap fruktosa dengan baik, hal itu dapat menyebabkan sakit perut, diare, dan gas. Apabila Anda mengalami hal tersebut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter.

2. Makan terlalu banyak serat

Serat memainkan peran utama dalam kesehatan usus kita. Serat dapat membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung, selain membantu mempertahankan berat badan yang ideal untuk Anda, menurut Mayo Clinic.

Beberapa jenis buah memiliki serat yang cukup tinggi seperti raspberi, pir, apel dengan kulit, pisang, jeruk, stroberi, dan mangga. Akan tetapi, apabila Anda makan terlalu banyak serat – yang dapat terjadi jika Anda makan banyak buah berserat tinggi – dapat menyebabkan gejala seperti perut kembung dan kram.

3. Intoleransi makanan

Alasan lain mengapa Anda mungkin merasa sakit setelah makan buah adalah karena Anda memiliki intoleransi makanan. Orang dengan intoleransi terhadap makanan kesulitan mencerna kandungan bahan tertentu. Tanda-tanda intoleransi makanan seperti diare, kembung, sakit kepala, mual, sakit perut, dan lainnya. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memiliki intoleransi terhadap gula dalam buah, seperti fruktosa. 

4. Alergi makanan

Meskipun jarang, kemungkinan alasan lain mengapa Anda merasa mual setelah makan buah adalah karena Anda memiliki alergi. Reaksi alergi terhadap makanan dapat menyebabkan gejala seperti mulut gatal atau geli, gatal-gatal, eksim, pembengkakan pada bibir, wajah, lidah, tenggorokan atau bagian tubuh lainnya, sakit perut, diare, mual atau muntah, pusing, hingga pingsan.

Penting untuk diperhatikan bahwa alergi makanan tidak sama dengan intoleransi atau sensitivitas makanan. Intoleransi makanan cenderung menyebabkan masalah pencernaan, sedangkan reaksi alergi seringkali memiliki gejala yang berhubungan dengan pernapasan atau kulit.

5. Refluks asam

Apabila Anda memiliki kondisi refluks asam, buah-buahan tertentu dan makanan lain dapat menyebabkan gejala yang memberatkan. Refluks asam lambung merupakan kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Penderita refluks asam kronis, disebut juga gastroesophageal reflux disease (gerd), dapat mengalami gejala berikut, terutama setelah mengonsumsi makanan asam, pedas, atau gorengan seperti maag, batuk, nyeri dada, kesulitan menelan, muntah, sakit tenggorokan, dan lainnya.(livestrong.com/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat