visitaaponce.com

Cukup Serat Kurangi Risiko Alergi pada Anak

Cukup Serat Kurangi Risiko Alergi pada Anak
Ilustrasi(Freepik.com)

DOKTER spesialis anak konsultan alergi imunologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Endah Citraresmi, mengatakan mengonsumsi cukup serat tak hanya baik untuk kesehatan saluran pencernaan, tapi juga mengurangi risiko alergi pada anak.

"Selain dapat membantu optimalisasi kesehatan saluran cerna yang krusial bagi tumbuh kembang dan kesehatannya, asupan serat harian yang cukup juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan, salah satunya alergi pada anak," kata Endah dalam webinar beberapa waktu lalu.

Alergi merupakan bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat lain yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak. Makanan menjadi salah satu faktor pemicu alergi anak.

Baca juga : Konsumsi Sayuran Negara-negara ASEAN Plus Tiongkok

Menurut Endah, saluran pencernaan merupakan tempat tinggal triliunan mikrobiota. Mikrobiota tersebut ada yang memiliki manfaat kesehatan, ada pula yang justru mencetuskan berbagai macam gangguan kesehatan.

Anak yang menderita alergi memiliki lebih sedikit jumlah dan keberagaman mikrobiota saluran cerna jika dibandingkan dengan anak pada umumnya. Agar tidak terjadi disbiosis atau ketidakseimbangan komposisi dan fungsi mikrobiota saluran cerna, anak harus mendapatkan asupan serat yang cukup. 

"Kita mengenal ada bakteri baik dan bakteri patogen penyebab sakit. Kita ingin, di usus, bakteri baiknya yang dominan sehingga kita harus memberi makan bakteri baik," imbuh Endah. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat