visitaaponce.com

Sikap Masyarakat Inggris Semakin Liberal Terhadap Isu Seksualitas dan Perempuan

Sikap Masyarakat Inggris Semakin Liberal Terhadap Isu Seksualitas dan Perempuan
IlustrasiL: Sejumlah orang berjalan di sisi Sungai Thames di London(HENRY NICHOLLS / AFP)

Sikap masyarakat Inggris terhadap isu-isu sosial dan moral yang mendasar telah mengalami "revolusi" selama 40 tahun terakhir. Demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Kamis (21/9).

Laporan British Social Attitudes, yang menyurvei lebih dari 6.000 orang, menemukan adanya sikap atau pandangan yang semakin liberal dalam masyarakat Inggris dalam isu-isu sosial, seperti seksualitas dan peran perempuan dalam masyarakat.

Seperlima dari mereka yang ditanya tahun lalu mengatakan akan lebih baik bagi anak prasekolah jika ibu mereka tidak bekerja, turun dari angka 46% pada tahun 1989.

Sementara itu, hanya 9% masyarakat Inggris yang percaya bahwa tugas laki-laki adalah mencari uang, sedangkan tugas perempuan adalah mengurus rumah dan keluarga, turun dari 48% pada tahun 1987.

Pandangan masyarakat Inggris mengenai seks pranikah kini juga lebih ditoleransi secara sosial, dengan 78% mengatakan hal itu dapat diterima, naik dari 42% pada tahun 1983.

Meskipun terdapat perubahan progresif dalam sikap sosial, proporsi masyarakat yang percaya bahwa peluang terkait dengan kelas sosial telah meningkat menjadi 77% dari 70% pada tahun 1983, ketika survei tahunan pertama kali dilakukan.

“Perubahan sosial besar-besaran yang terjadi di Inggris selama 40 tahun terakhir disertai dengan ‘revolusi’ dalam sikap terhadap banyak masalah sosial dan moral, termasuk seksualitas dan peran perempuan,” kata John Curtice, peneliti senior di NatCen.

“Sebaliknya, meski berfluktuasi naik turun sebagai respons terhadap perubahan kondisi politik dan ekonomi, sikap terhadap ketimpangan dan peran ekonomi negara masih tidak jauh berbeda dibandingkan 40 tahun lalu,” tambahnya.

Survei tersebut melibatkan warga di Inggris, Wales, dan Skotlandia. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat