visitaaponce.com

Nadin Amizah Bawakan Ulang Kala Sang Surya Tenggelam Chrisye

Nadin Amizah Bawakan Ulang Kala Sang Surya Tenggelam Chrisye
(kiri-kanan): Aktris Tissa Biani, penyanyi Nadin Amizah, dan ko-sutradara Gadis Kretek- Kamila Andini dalam konferensi pers, Jumat (29/9).(MI/ Fathurrozak)

LAGU tema (original song theme/ ost) untuk serial Gadis Kretek yang disutradarai Kamila Andini dan diangkat dari novel berjudul sama karya Ratih Kumala, baru saja diumukan. Lagu milik almarhum Chrisye, Kala Sang Surya Tenggelam dipilih untuk mewakili kisah romansa dan pilu antara Dasiyah (Dian Sastrowardoyo) dan Soeraja (Ario Bayu).

 

Untuk Gadis Kretek, lagu itu dibawakan ulang oleh penyanyi Nadin Amizah. Dipilihnya Nadin, menurut penuturan ko-sutradara Gadis Kretek Kamila Andini karena ia ingin representasi suara perempuan dalam cerita tersebut juga muncul dalam lagu.

 

“Cerita di Gadis Kretek ini kan tentang women empowerment. Aku ingin ada suara perempuan di lagu temanya. Aku ingin sense of feminity yang kuat untuk merepresentasikan serial ini. Dan suara Nadin bisa merepresentasikan itu,” kata Kamila Andini saat konferensi pers yang berlangsung di Casakhasa, Bangka, Jakarta Selatan, Jumat, (29/9).

 

Sementara, pemilihan lagu Kala Sang Surya Tenggelam milik Chrisye, disebut Kamila karena cocok mewakili kisah kasih Dasiyah dan Soeraja. Ia merujuk pada lirik yang ada di lagu, yang mengisahkan sepasang kekasih yang sedang kehilangan arah.

 

“Lebih dari itu, aku suka lagu tersebut karena juga dibawakan dengan sangat magis, termasuk aransemennya. Dia (Chrisye) melihat dari sudut pandang orang ketiga. Jadi seperti mengobservasi perjalanan  sepasang kekasih dalam nuansa puitik nan magis, tetapi juga ada kekelaman.”

 

Nadin yang juga hadir dalam acara tersebut menyatakan rasa terhormatnya. Terlebih, lagu Kala Sang Surya Tenggelam memiliki nilai legendaris dari Chrisye. “Yang sangat membuatku antusias, karena aku diminta untuk membawakan ost serial. Artinya suaraku itu akan ada di semua episode serialnya. Meski sedikit pressure, tetapi dengan kerja sama seluruh tim penggarapannya berjalan lancar. Banyak hal yang harus disuarakan juga melalui lagu tema ini,” tambah Nadin.

 

Serial Gadis Kretek berjumlah lima episode. Serial tersebut akan tayang perdana (world premiere) di Busan International Film Festival (BIFF) 2023. Setelahnya, akan tayang di Netflix pada 2 November.

 

 

Gadis Kretek berkisah tentang Dasiyah, perempuan yang gemar meracik saus rokok kretek yang menjalin cinta dengan Soeraja. Namun, kemudian keduanya terseret ke peristiwa besar dalam sejarah Indonesia. Berpuluh-puluh tahun kemudian, perjumpaan anak Soeraja yang bernama Lebas (Arya Saloka) dengan Arum (Putri Marino) membawa mereka mengarungi perjalanan mengungkap masa lalu dan rahasia yang selama ini dipendam.

 

Gadis Kretek diproduksi oleh Netflix bersama Base Entertainment dengan dengan produser eksekutif (showrunner) Shanty Harmayn dan Tanya Yuson dan disutradarai Kamila Andini bersama Ifa Isfansyah. Ratih Kumala dan Tanya Yuson bertindak sebagai penulis naskah bersama Kanya K. Priyanti dan Ambaridzki Ramadhantyo. Serial ini juga didukung oleh sederet aktor ternama lainnya seperti Tissa Biani, Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat