visitaaponce.com

Ini Teori Terbaru tentang Penyebab Musnahnya Dinosaurus

Ini Teori Terbaru tentang Penyebab Musnahnya Dinosaurus
Ilustrasi: Dinosaurus(Universidad de Chile / AFP)

Sekitar 66 juta tahun yang lalu, sebuah asteroid yang lebih besar dari Gunung Everest menabrak Bumi. Akibat peristiwa itu, tiga perempat kehidupan di planet ini, termasuk dinosaurus, musnah. Itu yang selama ini kita ketahui.

Namun, bagaimana tepatnya dampak asteroid yang jatuh di kawasan Chicxulub Meksiko itu menyebabkan semua hewan tersebut punah masih menjadi perdebatan.

Teori yang beredar baru-baru ini menyebut belerang dari dampak asteroid atau jelaga dari kebakaran hutan global yang dipicunya, menghalangi langit dan membuat dunia terperangkap dalam musim dingin yang panjang dan gelap. Kondisi ini menyebabkan semua orang dan juga hewan mati, kecuali segelintir yang beruntung.

Namun, penelitian yang diterbitkan pada Senin (30/10) berdasarkan partikel yang ditemukan di situs fosil utama menegaskan kembali hipotesis sebelumnya: bahwa dampak musim dingin disebabkan oleh debu yang disebabkan tabrakan asteroid itu dengan bumi.

“Debu silikat halus dari pecahan batuan akan bertahan di atmosfer selama 15 tahun, sehingga menurunkan suhu global hingga 15 derajat Celcius,” kata para peneliti dalam sebuah penelitian di jurnal Nature Geoscience.

Pada tahun 1980, ayah dan anak ilmuwan Luis dan Walter Alvarez pertama kali menyimpulkan bahwa dinosaurus terbunuh oleh hantaman asteroid yang debumnya menyelimuti dunia saat itu.

Klaim mereka awalnya ditanggapi dengan skeptis -- hingga satu dekade kemudian ketika kawah besar Chicxulub ditemukan di tempat yang sekarang menjadi Semenanjung Yucatan di Teluk Meksiko.

Kini, sebagian besar ilmuwan sepakat bahwa (peristiwa) Chicxulub-lah yang harus ‘disalahkan’.

“Namun gagasan bahwa sulfurlah, bukan debu, yang menyebabkan dampak musim dingin telah menjadi sangat popular  dalam beberapa tahun terakhir, “kata Ozgur Karatekin, peneliti di Royal Observatory Belgia, kepada AFP.

Rekan penulis studi, Karatekin, mengatakan hal ini terjadi karena debu akibat tumbukan diperkirakan bertahan di atmosfer dalam waktu yang cukup lama.

Untuk penelitian ini, tim peneliti internasional mampu mengukur partikel debu yang diduga berasal setelah asteroid menghantam. Partikel-partikel tersebut ditemukan di situs fosil Tanis di negara bagian North Dakota, AS.

Bencana kehancuran

Meskipun berjarak 3.000 kilometer (1.865 mil) dari kawah, situs ini telah menyimpan sejumlah temuan luar biasa yang diyakini berasal dari dampak asteroid di lapisan sedimen sebuah danau kuno.

“Partikel debu berukuran sekitar 0,8 hingga 8,0 mikrometer – ukuran yang tepat untuk bertahan di atmosfer hingga 15 tahun,” kata para peneliti.

Dengan memasukkan data ini ke dalam model iklim yang serupa dengan yang digunakan di Bumi saat ini, para peneliti menyimpulkan bahwa debu kemungkinan besar memainkan peran yang jauh lebih besar dalam kepunahan massal dibandingkan yang diperkirakan sebelumnya.

Dari seluruh material yang terlempar ke atmosfer oleh asteroid, mereka memperkirakan 75%-nya adalah debu, 24% belerang, dan 1% jelaga.

“Partikel debu benar-benar menghentikan fotosintesis pada tanaman setidaknya selama satu tahun, menyebabkan kehancuran besar kehidupan di planet ini,” kata Karatekin.

Sean Gulick, ahli geofisika di Universitas Texas di Austin dan tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan kepada AFP bahwa penelitian ini merupakan upaya menarik lainnya untuk menjawab pertanyaan besar -- apa yang mendorong dampak musim dingin  namun sejauh ini tidak memberikan jawaban yang pasti.

Dia menekankan bahwa mengetahui apa yang terjadi pada peristiwa kepunahan massal terakhir di dunia adalah hal yang penting tidak hanya untuk memahami masa lalu, tetapi juga masa depan.

“Mungkin kita bisa memprediksi dengan lebih baik kepunahan massal yang mungkin sedang kita alami,” kata Gulick. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat