visitaaponce.com

Benarkah Baking Soda Ampuh Hilangkan Jerawat Ini Penjelasannya

Benarkah Baking Soda Ampuh Hilangkan Jerawat? Ini Penjelasannya
ilustrasi jerawat(medcom)

BAKING soda atau soda kue memang memiliki beberapa manfaat. Hal itu pula disampaikan oleh dokter kulit medis dan estetika bersertifikat di Hudson Dermatology and Laser Surgery di New York City, Kiran Mian, bahwa soda kue memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik.

Tapi apakah baking soda benar-benar ampuh mengatasi jerawat? Mian mengatakan baking soda dapat membantu mengurangi jerawat.

"Soda kue dapat membantu mengurangi jerawat dan mengurangi peradangan, yang pada dasarnya 'mengeringkan' jerawat berwarna merah muda dan berair,” ujarnya.

Baking soda juga memiliki pH yang sangat basa.

"Dalam beberapa kasus, kulit yang rentan berjerawat bisa jadi terlalu asam, jadi penggunaan produk yang bersifat basa sesekali dapat membantu menyeimbangkan kembali kulit,” ucap Geeta Yadav, seorang dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Toronto, Kanada.

Baca juga: Mencegah Kulit Berjerawat Akibat Polusi dengan Skincare Probiotik

Lalu, apakah baking soda bisa digunakan terus-menerus untuk mengatasi jerawat?

Kulit kita secara alami bersifat asam dan itu penting agar kulit dapat berfungsi dengan baik.

"Menggunakan soda kue yang sangat basa mungkin kadang-kadang bermanfaat, tetapi jika terus-menerus dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan," ungkap Mian.

Pun dapat membuat kulit lebih sensitif serta menyebabkan pelindung kulit tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk menggunakannya tidak terlalu sering dan harus tepat sasaran.

Berikut cara terbaik menggunakan baking soda untuk jerawat, seperti dilansir dari situs Real Simple.

1. Tidak menggunakan saat kulit sedang kering

Pertama dan terpenting, sebaiknya hanya digunakan jika kulit Anda benar-benar berminyak/rawan berjerawat. Soda kue bukan pilihan yang tepat jika kulit Anda kering.  

2. Hanya gunakan pada jerawat saja

Gunakan baking soda hanya pada titik yang mengalami jerawat bukan menggunakan baking soda sebagai masker wajah menyeluruh.

Campurkan sekitar setengah sendok teh baking soda dengan air secukupnya hingga menjadi pasta. Kemudian diamkan selama 10 menit lalu bilas. Perlu diingat, jangan mengoleskan baking soda terlalu banyak dan jangan terlalu sering. Anda bisa menggunakan baking soda pada jerawat sekali seminggu.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat