visitaaponce.com

Menikmati Senja Terakhir 2023 di Swara Prambanan

Menikmati Senja Terakhir 2023 di Swara Prambanan
estival Swara Prambanan yang mengusung cerita tentang Bukti Cinta ke-1000 dari legenda Roro Jonggrang, akan dimeriahkan oleh sejumlah artis.(Dok. Swara Prambanan)

BELUM ada rencana untuk malam tahun baru?

Minggu esok, Festival Swara Prambanan yang mengusung cerita tentang Bukti Cinta ke-1000 dari legenda Roro Jonggrang, akan dimeriahkan oleh Sheila On 7, Shaggydog, Ndarboy Genk, Jikustik, Kunto Aji, dan Jogja Hiphop Foundation. Festival Swara Prambanan sekaligus menjadi perayaan untuk menikmati senja terakhir 2023, menyambut pergantian tahun baru 2024.

Swara Prambanan juga akan dimeriahkan dengan kehadiran sebuah instalasi seni berukuran besar karya Wisnu Ajitama, yang memanfaatkan latar cantik Candi Prambanan. Berbagai macam tarian tradisional juga siap ditampilkan. Lalu, berkolaborasi dengan musikus lokal, alunan musik keroncong dari Voice of Citizens (VOC) dan Keroncong Atap juga akan menambah semarak festival ini. Terlebih grup musik Angklung Rajawali Malioboro juga akan “memindahkan” nuansa hangat angkringan jalan Malioboro ke area Candi Prambanan.

Selain itu, juga dihadirkan Sinema Rakyat yang berkolaborasi dengan Forum Komunitas Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) dengan suguhan pengalaman menonton film di alam terbuka. Pengunjung juga diajak untuk meracik jamu, melukis batik, bermain layangan, lokakarya Wayang Suket, dan gerabah (tembikar). Tidak ketinggalan sajian kuliner yang menggiurkan juga disuguhkan dalam area Pasar Medang, yang sesuai dengan namanya merepresentasikan area berbelanja di masa lampau.

“Kami ingin Swara Prambanan ini menjadi wadah untuk menampilkan karya-karya hebat seniman Yogyakarta melalui musik, instalasi seni, dan pertunjukan sendratari. Kami juga ingin pengunjung ikut serta berpartisipasi dalam upaya melestarikan budaya kita. Maka, sejumlah aktivitas seru sudah kami siapkan dengan matang. Kami juga ingin menarik turis mancanegara untuk berkunjung ke Yogyakarta dan memperkenalkan budaya Yogyakarta kepada mereka melalui cara yang unik dan seru,” kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Febrina Intan dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Jumat (29/12).

Swara Prambanan akan berlangsung pada 31 Desember 2023. Tiket dijual dengan harga Rp425 ribu, dan sudah termasuk tiket masuk area candi.

Adam Subarkah, personel Sheila On 7 menyampaikan dukungan penuh mereka untuk seluruh pagelaran seni yang lahir dari tangan anak-anak bangsa dan ikut berkolaborasi dengan seniman lokal.

“Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk terlibat dalam festival seni yang menggabungkan berbagai aspek kreatif dan seni secara keseluruhan. Melihat kolaborasi yang terjadi dengan seniman dan musikus lokal lainnya membawa rasa kebersamaan dan kekayaan kreativitas Yogyakarta. Kami berharap dapat memberikan kontribusi positif dan menciptakan koneksi emosional dengan penonton melalui musik kami. Karena kolaborasi dan ide unik dari event ini, Sheila on 7 memilih untuk tahun baruan di Swara Prambanan,” jelas Adam. (RO/M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat