visitaaponce.com

Wahana Milik NASA Kian Dekat dengan Matahari

Wahana Milik NASA Kian Dekat dengan Matahari
NASA(AFP/Olivier DOULIERY)

WAHANA Parker Solar Probe milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) semakin dekat dengan rekor sejarah dunia. NASA menargetkan wahananya itu akan berjarak sangat dekat dengan matahari pada 24 Desember 2024.

Dikutip dari BBC, pada 24 Desember 2024, wahana Parker Solar hanya akan berjarak 6,7 juta km dari permukaan sang surya. Menjadi benda buatan manusia pertama yang memiliki jarak terdekat dengan matahari.

"Ini akan menjadi pencapaian monumental bagi seluruh umat manusia. Ini setara dengan pendaratan di bulan pada tahun 1969," kata Astrofisika Johns Hopkins University yang juga merupakan Ilmuwan dalam proyek misi Parker Solar Probe, Nour E. Raouafi dikutip dari BBC, Selasa (2/1).

Terbang dalam misi 'Touch the sun', wahana Parker Solar Probe pertama kali diluncurkan pada 12 Agustus 2018. Wahana tersebut dipastikan semakin hari akan semakin dekat dengan matahari. 

Dalam misinya, Wahana tanpa awak itu diharapkan dapat membantu manusia mendapatkan data dan informasi serta pemahaman lebih dalam tentang matahari, yang paling utama cara kerja atmosfer luar matahari.

Baca juga:  Valkryie, Robot Humanoid NASA untuk Misi Berisiko

Untuk menacapai targetnya di 24 Desember 2024, wahana Parker Solar Probe dilaporkan akan mencatatkan rekor kecepatan menembus angka 435.000 mph (mil/jam).

Sebagai gambaran, kecepatan itu setara dengan terbang dari New York menuju London hanya dalam waktu kurang dari 30 detik. Kecepatan tersebut bisa tercapai karena didukung adanya tarikan gravitasi besar dari matahari.

Meski telah diluncurkan sejak 2018, namun tantangan besar akan dihadapi wahana Parker Solar Probe menuju 24 Desember nanti. Diperkirakan suhu yang akan menerpa wahana antariksa itu akan mencapai 1.400 derajat Celcius. Strategi Parker adalah masuk dan keluar dengan cepat dari balik pelindung panas yang tebal.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat