visitaaponce.com

Valkryie, Robot Humanoid NASA untuk Misi Berisiko

Valkryie, Robot Humanoid NASA untuk Misi Berisiko
Valkyrie dirancang untuk beroperasi di lingkungan yang terdegradasi atau rusak akibat ulah manusia dan daerah yang dilanda bencana alam.(Dok.NASA)

GUNA membantu misi di luar angkasa, lembaga antariksa AS, The National Aeronautics and Space Administration (NASA), merancang robot humanoid bernama Valkyrie. Dengan tinggi 6 kaki 2 inci (188 sentimeter) dan berat 300 pon (136 kilogram), Valkyrie sedang diuji coba di Johnson Space Center di Houston, Texas, AS. Valkyrie akan dirancang untuk beroperasi di lingkungan yang terdegradasi atau rusak akibat ulah manusia dan daerah yang dilanda bencana alam.

Layaknya manusia, Valkyrie memiliki badan, kepala, dua lengan dan dua kaki. Ketua Tim Robotika NASA, Shaun Azimi, mengatakan bahwa robot humanoid Valkyrie  akan membantu manusia menjalani misi ruang angkasa.

Valkyrie akan menangani tugas-tugas berisiko seperti membersihkan panel surya atau memeriksa peralatan yang tidak berfungsi di luar pesawat ruang angkasa, sehingga para astronot dapat memprioritaskan eksplorasi dan penemuan.

"Kami tidak mencoba untuk menggantikan kru manusia, kami hanya mencoba untuk mengambil pekerjaan yang membosankan, kotor, dan berbahaya dari piring mereka agar mereka (manusia) dapat fokus pada kegiatan tingkat tinggi," kata Azimi, dilansir ABS CBN News, dikutip Kamis (28/12).

Valkyrie bukan robot pertama ke luar angkasa. Robonaut 2 merupakan robot humanoid pertama yang diluncurkan oleh NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada tahun 2011.

Saat itu, Robonaut 2 melakukan tugas-tugas dasar di stasiun ruang angkasa, seperti mengoperasikan antarmuka kontrol, mengukur aliran udara dari ventilasi, dan latihan dalam kendali jarak jauh dan penggunaan otonom. Ia kembali ke Bumi pada tahun 2018.

Dalam beberapa tahun terakhir, NASA telah bermitra dengan perusahaan robotika seperti Apptronik, Inc. yang berbasis di Austin, Texas, untuk mempelajari bagaimana robot humanoid yang dikembangkan untuk tujuan terestrial dapat bermanfaat bagi robot humanoid masa depan yang ditakdirkan untuk ruang angkasa.

Apptronik saat ini sedang mengembangkan Apollo, robot humanoid yang dirancang untuk bekerja di gudang dan pabrik dengan memindahkan paket, menumpuk palet, dan tugas-tugas lain yang berorientasi pada rantai pasokan. Perusahaan ini berencana untuk mulai menyediakan robot humanoid kepada perusahaan-perusahaan pada awal 2025.

Chief Technology Officer Apptronik, Nick Paine, mengatakan bahwa Apollo memiliki keunggulan yang jelas dibandingkan dengan robot humanoid lainnya, terutama dalam hal daya tahan.

"Kami menargetkan agar sistem ini dapat online selama 22 jam sehari. Sistem ini memiliki baterai yang dapat ditukar, sehingga Anda dapat bekerja selama empat jam, menukar baterainya, dan kemudian melanjutkannya dalam durasi yang sangat cepat. Jadi, kami berupaya menjaga sistem tetap online selama mungkin," katanya.

Beberapa robot sudah mulai bekerja tahun ini. Amazon mulai menguji coba robot humanoid bernama Digit dari perusahaan Agility Robotics untuk membantu operasi gudang.

Analis otomatisasi gudang dari Interact Analytics Rueben Scriven mengatakan bahwa pergantian pekerjaan melalui otomatisasi bukanlah hal yang baru. Namun, saat melihat robot yang menggantikan manusia kemungkinan akan menimbulkan kegelisahan di antara para pekerja.

"Jika Anda memiliki lengan robot atau robot bergerak, meskipun hal tersebut menandakan adanya perpindahan pekerjaan, namun tidak akan terlintas dalam pikiran Anda bahwa robot ini akan mengambil pekerjaan Anda. Tetapi, kenyataannya robot ini menghilangkan pekerjaan," ujar Scriven. (M-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat