visitaaponce.com

Instagram Batasi Konten Berbahaya untuk Pengguna Remaja

 Instagram Batasi Konten Berbahaya untuk Pengguna Remaja
Instagram akan mulai membatasi paparan konten yang berkaitan dengan aksi melukai diri sendiri kepada remaja.(AFP)

INSTAGRAM mengumumkan beberapa langkah baru untuk membantu melindungi pengguna remaja, seperti pembatasan konten yang dinilai berbahaya atau berkaitan dengan melukai diri sendiri.

Dilansir dari Social Media Today, Instagram akan membatasi paparan konten yang berkaitan dengan aksi melukai diri sendiri kepada remaja karena khawatir akan dampak negatif yang dapat ditimbulkan konten tersebut.

"Ambil contoh seseorang yang mem-posting tentang perjuangan mereka yang sedang berlangsung dengan pikiran untuk menyakiti diri sendiri. Ini adalah kisah yang penting, dan dapat membantu mendestigmatisasi masalah ini, tetapi ini adalah topik yang kompleks dan belum tentu cocok untuk semua anak muda. Sekarang, kami akan mulai menghapus jenis konten seperti ini dari pengalaman remaja di Instagram dan Facebook, serta jenis konten lain yang tidak sesuai dengan usia mereka," tulis pihak Instagram, dikutip Rabu (10/1).

Instagram mengatakan mereka telah membatasi remaja untuk mengakses beberapa rekomendasi terkait materi yang melukai diri sendiri di dalam Reels dan Explore, serta akan diperluas ke Feed dan Stories. Pembatasan ini dilakukan atas saran dari para ahli kesehatan anak dan remaja yang telah menyuarakan keprihatinan tentang tingkat eksposur dalam aplikasi dan dampaknya terhadap pengguna yang rentan.

Selain itu, Instagram juga akan mengarahkan pengguna ke layanan bantuan resmi ketika mereka mencari istilah yang berkaitan dengan bunuh diri, melukai diri sendiri, dan gangguan makan, serta menyembunyikan hasil pencarian yang spesifik.

Langkah ini disebut sebagai upaya Meta, induk perusahaan Instagram untuk terus menambahkan lebih banyak sumber daya keamanan untuk melindungi pengguna remaja yang akan menjadi semakin penting di masa depan metaverse. Meta mengklaim telah bekerja sama dengan mitra ahli untuk mengembangkan sistemnya di masa mendatang untuk memastikan perlindungan yang optimal kepada pengguna remaja. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat