visitaaponce.com

Keren, Jack Ma bakal Jadi Penasehat E-Commerce RI

Keren, Jack Ma bakal Jadi Penasehat E-Commerce RI
Keren, Jack Ma bakal Jadi Penasehat E-Commerce RI(AP Photo/Ben Curtis)

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara menggelar pertemuan dengan pendiri Alibaba Group Jack Ma di Beijing, Tiongkok, Selasa (22/8).

Dalam pertemuan itu, Rudiantara mengatakan pemerintah RI secara resmi menyampaikan undangan kepada Jack untuk menjadi salah satu anggota komite penasehat steering committe (SC) Peta Jalan E-Commerce. SC tersebut diketuai Menko Perekonomian Darmin Nasution.

"Pertemuan saya dengan Jack Ma merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden Jokowi dengan Jack Ma pada September 2016 lalu. Itu terkait dengan usulan penunjukan Jack sebagai anggota advisory committee Roadmap E-Commerce," kata Rudiantara melalui siaran pers yang diterima Media Indonesia.

Rudiantara menambahkan undangan yang disampaikan mendapat respons positif dari Jack. Bos Alibaba itu, sambung Rudiantara, akan datang ke RI bukan sebagai perusahaan asal Tiongkok, Melainkan sebagai pebisnis yang memiliki pengalaman untuk mengembangkan ekosistem e-commerce di Tanah Air.

Hal itu dimaksudkan agar UMKM, masyarakat perkotaan dan perdesaan bisa mendapat nilai tambah ekonomi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Sebelumnya pemerintah sudah menerbitkan Peta Jalan E-Commerce melalui Peraturan Presiden (Perpres) tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (SPNBE). Perpres ditandatangani Presiden JokoWI pada 21 Juli dan diundangkan pada 3 Agustus.

Dengan keluarnya Perpres tersebut, pemerintah menyatakan bukti keseriusan untuk mendorong pencapaian ekonomi digital senilai US$130 miliar pada 2020. (X-12)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ahmad Punto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat