visitaaponce.com

Terungkap Jack Ma Bersembunyi di Jepang

Terungkap! Jack Ma Bersembunyi di Jepang
Jack Ma(AFP/JAIME REINA)

PENDIRI Alibaba Jack Ma ternyata telah tinggal di Tokyo selama hampir enam bulan. Ma menghilang dari perhatian publik Tiongkok menyusul tindakan keras Beijing terhadap sektor teknologi miliknya.

Financial Times melaporkan informasi dari beberapa sumber yang mengungkapkan bahwa miliarder itu bersembunyi pascapembatasan oleh Tiongkok. Misalnya, Tiongkok menjegal IPO perusahaannya, Ant Group Ma, dan menjatuhkan sanksi kepada Alibaba.

Dalam laporan media itu, Ma telah menghabiskan sebagian besar dari enam bulan terakhir bersama keluarganya di Tokyo dan wilayah lain di Jepang. Dia juga sempat berkeliling ke Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Baca juga: Lama menghilang, Jack Ma sedang Studi Tur di Spanyol

Surat kabar Inggris itu mengungkapkan Ma sering mengunjungi beberapa klub anggota pribadi di Tokyo, dan menjadi kolektor seni modern Jepang. Dia juga terlihat di Pulau Mallorca, Spanyol, tahun lalu.

Dalam beberapa tahun terakhir, pejabat Tiongkok membidik dugaan praktik antipersaingan oleh beberapa nama perusahaan besar negara itu, termasuk milik Ma. 

Juli ini, sebuah laporan mengatakan Ma berencana menyerahkan kendali Ant Group.

Raksasa e-commerce miliknya, Alibaba, melaporkan pertumbuhan pendapatan yang datar pada Agustus untuk pertama kalinya, saat Tiongkok berjuang melawan perlambatan ekonomi dan kebangkitan kembali kasus covid-19.

Otoritas Amerika Serikat (AS) telah menempatkan perusahaan tersebut dalam daftar pantauan yang dapat membuatnya dihapus dari daftar di bursa New York jika tidak mematuhi perintah keterbukaan. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat