visitaaponce.com

Keliling Indonesia untuk Bantu Promosikan UMKM Daerah

Keliling Indonesia untuk Bantu Promosikan UMKM Daerah
Salah satu pelaku UMKM kuliner kopi di Balikpapan, Kalimantan Timur.(Dok.Ist)

PANDEMI covid-19 yang melanda sebagian besar dunia telah melumpuhkan banyak sektor kehidupan, utamanya perekonomian. Itu sebabnya pemerintah berusaha keras membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sebab mereka menjadi salah satu korban yang paling terpukul akibat pandemi itu. Padahal mereka merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional. Meski begitu usaha pemerintah tentu tidak bisa dilakukan sendirian, melainkan butuh dukungan berbagai pihak, sepertinya halnya memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Baca juga: Tegas, Perintah Presiden Bantu UMKM : Jangan Sampai Terlambat

Berangkat dari itulah, salah seorang youtuber Rakha Maulana Muhtadi atau yang dikenal dengan nama panggung Kaisar Kumis  melakukan tour keliling Indonesia bersama istrinya Yessy mengendarai mobil. Tujuannya adalah mempromosikan UMKM yang ada di tiap daerah.

Menurut Rakha tersendatnya kegiatan ekonomi imbas penularan virus Corona di Indonesia dinilai paling mempengaruhi pelaku usaha sektor UMKM yang tingkat permodalannya terbatas. Padahal, sektor ini malah banyak menyerap tenaga kerja.

"Melalui tour keliling Indonesia saya melakukan interaksi dengan pelaku UMKM sekaligus mempromosikan UMKM daerah yang aku singgahi dalam konten Pemersatu Bangsa," ujar pria asal Samarinda, Kalimantan Timur itu dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/9).

Menurutnya, apa yang dilakukan adalah murni keinginan sendiri untuk turut mengangkat dan mengembangkan UMKM daerah dan sekaligus membantu pemerintah.
“Ini murni dari lubuk hati terdalam, turut mengangkat UMKM di tiap daerah agar lebih dikenal dan lebih maju. Siapa tahu ada di antara kalian yang melihat youtube saya jadi tertarik dan syukur-syukur bisa ikut membantu mengembangkan UMKM tersebut," ujarnya.

Balikpapan, Kalimantan Timur menjadi kota pertama yang dia kunjungi. Di kota kedua terbesar di Kaltim itu dia mengangkat UMKM kuliner kopi. "Alhamdulillah, responnya baik dan yang punya usaha seneng banget," ujar Rakha yang berkecimpung di dunia youtube sejak awal 2017. (RO/A-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat