visitaaponce.com

Ditjen Hortikultura Optimalkan Digitalisasi Pacu Pemasaran Hasil

Ditjen Hortikultura Optimalkan Digitalisasi Pacu Pemasaran Hasil
(DOK KEMENTAN)

DIREKTUR Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Prihasto Setyanto, mengatakan program hortikultura saat ini terus melakukan inovasi digitalisasi. Salah satu program digitalisasinya yakni akan mengembangkan lebih dari 1.000 kampung hortikultura.

"Nantinya kampung ini akan teregister/terdata oleh Ditjen Hortikultura Kementan. Supaya bisa terdata dengan baik," kata Prihasto dalam agenda Tani on Stage di Ditjen Hortikultura, Pasar Minggu, Jumat (9/4).

Dirinya mencontohkan jika ingin membangun kampung, khusus produsen durian, jika didaftarkan kepada Ditjen Hortikultura maka dalam waktu 4 tahun jika sudah memasuki musim panen durian dan masyarakat mencari durian, maka Kementan akan mengarahkan ke kampung tersebut.

Selain itu, petani di kampung tersebut terus melakukan koordinasi dengan Ditjen Hortikultura dan terus membagikan foto update terkait hal itu. Sehingga data serta pemasaran bisa tersinkronisasi dengan baik.

"Dengan digitalisasi seperti ini dalam waktu 5 tahun lagi orang yang ingin mencari sesuatu lebih mudah lagi langsung dapat dari sumbernya kondisi, kualitas, dan lokasinya di mana," ujarnya.

Digitalisasi 5.0 yang disiapkan Ditjen Hortikultura juga untuk menyambutkan bulan puasa dengan menggandeng anak muda yang ahli di bidang digitalisasi bisa membantu pemasaran secara daring apalagi di era pandemi ini.

"Di era pandemi ini orang ke pasar aja takut,secara daring sekarang ini bisa dimanfaatkan oleh anak-anak muda," pungkasnya. (Iam/OL-10)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat