visitaaponce.com

Erick Resmikan Kapal Tanker Raksasa Pertamina Pride

Erick Resmikan Kapal Tanker Raksasa Pertamina Pride
Salah satu kapal tenker milik Pertamina dan kini Pertamia menambah lagi kapal tangker raksasa buatan Japan Marine United, Jepang.(Ant/Ahmad Subaidi)

MENTER Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyambut kedatangan kapal pengangkut minyak mentah raksasa milik PT Pertamina (Persero), Pertamina Pride, Kamis (15/4).

Setelah berlayar sejak 9 Februari 2021 dari Japan Marine United (JMU) Ariake Shipyard, Jepang, Kapal Very Large Crude Carrier (VLCC) Pertamina Pride milik Pertamina International Shipping (PIS) telah tiba di Teluk Semangka, teluk yang berada di ujung selatan Pulau Sumatra.

Menurut Erick, pemerintah mendukung penuh langkah Pertamina Internasional Shipping menjadi integrated Logistic and Marine Solution Company dan global player.

"Pertamina harus kembali ke masa kejayaannya di tahun 70-an, menjadi global player dan siap bersaing yang didasari oleh Good Corporate Governance," tutur Erick dalam keterangannya, Kamis (15/4).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, investasi yang dilakukan dengan menghadirkan 2 kapal yakni Pertamina Pride dan Pertamina Prime ini dianggap sejalan dengan arahan pemegang saham untuk go global.

Kedua kapal ini, lanjut Nicke, akan melayani pasar luar negeri dan mengangkut crude dari Aramco, Saudi Arabia ke Indonesia.

"Dengan kapal sendiri kita memiliki fleksibilitas yang lebih karena Pertamina memiliki cadangan di luar negeri dan produksi 110 ribu barel per hari," urai Nicke.

Selain itu, ungkap Nicke, PIS akan bertransformasi menjadi integrated marine logistic, karena bukan hanya mempunyai kapal, tapi juga sarana tambahan dan storage yang ada di pelabuhan.

"Dengan demikian, maka value chain yang akan dikelola PIS juga akan semakin besar," imbuhnya.

Dijelaskan, kapal tanker raksasa, VLCC Pertamina Pride yang berkapasitas 2 juta barel dan dibangun di Galangan Japan Marine United (JMU) sejak tahun 2018

Kapal tanker ini disebut memiliki tujuan untuk mempermudah alur distribusi energi dan mengamankan pasokan kebutuhan captive crude ke refinery/kilang Pertamina secara FOB (free on board) Ras Tanura - Cilacap. (OL-13)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat