visitaaponce.com

November, Jokowi Kunjungi UEA Bahas IUAE-CEPA

November, Jokowi Kunjungi UEA Bahas IUAE-CEPA
Instagram @Jokowi(Presiden Joko Widodo bersama Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed.)

MENTERI Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan Presiden Joko Widodo akan bertandang ke Uni Emirat Arab pada 4 November tahun ini. Salah satu agenda utama dari kunjungan kenegaraan itu adalah untuk membahas percepatan pelaksanaan Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA).

Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan bersama seluruh kementerian/lembaga terkait berkomitmen untuk mengakselerasi perundingan dengan UEA. "Kita harap ini bisa diselesaikan tidak lebih dari satu tahun. Kita harap pada 4 November nanti, ketika Pak Presiden berkunjung ke UEA, perjanjian ini sudah dalam bentuk hampir selesai atau bahkan sudah difinalisasi," ujar Lutfi di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (3/9).

IUEA-CEPA merupakan perjanjian kerja sama ekonomi yang mencakup berbagai hal, utamanya di sektor niaga. Saat ini, Kementerian Perdagangan mencatat transaksi jual beli antara Indonesia dan UEA baru sebesar US$2,9 miliar.

Dengan adanya IUEA-CEPA, pemerintah optimistis angka tersebut bisa ditingkatkan hingga tiga kali lipat. Lutfi mengatakan target yang ditetapkan itu bukan hal yang mustahil untuk dicapai.

Keyakinan tersebut berasal dari data yang menunjukkan bahwa sebanyak 37% dari total ekspor emas dan perhiasan Indonesia yang mencapai US$8,2 miliar bermuara ke UEA. Saat ini, ia mengatakan, jumlah ekspor emas dan perhiasan ke UEA baru sebesar US$76 juta.

"Yang menjadi persoalan, 37% itu kita ekspor ke negara-negara transit. Dari sana, mereka jual ke UEA. Itu terjadi karena harga dari negara-negara transit lebih murah karena pajak yang lebih rendah. Dengan adanya IUEA-CEPA, kita bisa hilangkan hambatan ini sehingga ekspor secara langsung bisa dilakukan," pungkasnya. (OL-8)

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat