visitaaponce.com

ESDM Resmikan 17 Penyalur BBM Satu Harga

ESDM Resmikan 17 Penyalur BBM Satu Harga
Ilustrasi petugas saat melakukan aktivitas bongkar muat BBM di terminal.(Antara)

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meresmikan secara serentak 17 lembaga penyalur BBM Satu Harga di seluruh Indonesia. 

Adapun peresmian dipusatkan di Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Kamis (16/9) ini. Dengan peresmian tersebut, capaian BBM Satu Harga yang sudah beroperasi pada tahun ini sebanyak 44 penyalur dari target 76 penyalur.

"Dengan kebijakan BBM Satu Harga, diharapkan daerah 3T di luar Jawa dapat menikmati BBM yang harganya sama dengan di Jawa. Sehingga keadilan sosial bagi rakyat dapat terwujud," ujar Arifin dalam keterangan resmi, Kamis (16/9).

Baca juga: Mengintip 'Perjuangan' di Balik Program BBM Satu Harga

Untuk 17 titik yang diresmikan serentak pada hari ini berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Musi Banyuasin, Seruyan, Malinau, Sintang, Ketapang, Bengkayang, Landak, Melawai, Boven Digoel, Merauke, Siangkil, Lamandau dan Tambrauw. Selain di Lombok Tengah, peresmian juga dilakukan di tiga lokasi lain, yakni Kabupaten Musi Banyuasin, Landak dan Bengkayang.

Kementerian ESDM melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakukan pengaturan, serta pengawasan terhadap pelaksanaan penyediaan dan pendistribusian BBM dan pengangkutan gas bumi di seluruh wilayah. BPH Migas berkomitmen untuk menggenjot penyaluran BBM Satu Harga, agar tercapai 583 penyalur BBM pada 2024.

Baca juga: PLN Siap Pasok Listrik ke Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama di ASEAN

"BPH Migas konsisten mengawal pembangunan penyalur BBM Satu Harga. Sampai 2020, capaian program BBM Satu Harga sebanyak 253 penyalur. Sedangkan pada 2021 adalah 76 penyalur, yang sudah beroperasi 44 penyalur atau sekitar 58%," jelas Kepala BPH Migas Erika Retnowati.

Tidak hanya upaya pemerintah yang menggenjot pembangunan BBM Satu Harga, PT Pertamina (Persero) sebagai Badan Usaha Penerima Penugasan juga mempercepat pembangunan penyalur, sehingga target pada 2021 dapat tercapai.(OL-11)




Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat