visitaaponce.com

Pertamina Pastikan Harga LPG 3 Kg tidak Berubah

Pertamina Pastikan Harga LPG 3 Kg tidak Berubah
Pekerja menata tabung gas LPG 3 kg di kawasan Cibubur, Jakarta.(MI/Andri Widiyanto)

HARGA Contract Price Aramco (CPA) yang menjadi salah satu acuan penetapan harga LPG, pada Februari mencapai US$775 per metrik ton atau naik 21% dari harga rata-rata CPA sepanjang 2021.

PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading pun melakukan penyesuaian harga LPG nonsubsidi, seperti Bright Gas. Sementara itu, untuk LPG subsidi 3 kg tidak ada perubahan harga yang berlaku.

Baca juga: Catat, Harga LPG Nonsubsidi Naik Rp15 Ribu per Kg

“Untuk LPG subsidi 3 kg yang porsinya lebih dari 93% dari total konsumsi LPG nasional per Januari 2022, tidak mengalami perubahan harga," ujar Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting lewat keterangan resmi, Senin (28/2).

"Harga LPG subsidi 3 kg tetap mengacu kepada Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah daerah setempat,” imbuhnya.

Irto menjelaskan bahwa penyesuaian harga hanya berlaku untuk LPG nonsubsidi, yang dikonsumsi 7% dari total konsumsi LPG nasional. Adapun penyesuaian harga yang berlaku mulai 27 Februari 2022, mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas.

Baca juga: Konflik Rusia-Ukraina Bikin Harga Emas Global Meroket

Dengan adanya penyesuaian, harga LPG nonsubsidi saat ini sekitar Rp15.500 per kg. Perseroan memastikan bahwa penyesuaian harga telah mempertimbangkan kondisi, serta kemampuan pasar LPG nonsubsidi.

Selain itu, perubahan harga tersebut masih paling kompetitif dibandingkan berbagai negara di ASEAN. Untuk informasi lengkap mengenai seluruh harga LPG nonsubsidi terbaru, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.(OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat