visitaaponce.com

Catat, HargaLPG Nonsubsidi Naik Rp15 Ribu per Kg

Catat, Harga LPG Nonsubsidi Naik Rp15 Ribu per Kg
Petugas menata tabung LPG nonsubsidi.(MI/Haryanto Mega)

PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading melakukan penyesuaian harga LPG nonsubsidi sekitar Rp15.500 per kilogram (kg).

Adapun harga LPG 12 kg dipatok mulai dari Rp187 ribu per tabung hingga Rp243 ribu per tabung, yang tergantung wilayah. Harga baru seluruh produk LPG nonsubsidi berlaku mulai Minggu (27/2) ini.

Pejabat sementara (Pjs) Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading Irto Ginting menjelaskan bahwa penyesuaian ini dilakukan mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas.

Baca juga: Hubungan Rusia-Ukraina Memanas, Pertamina: Harga BBM Mau Disesuaikan

“Tercatat, harga contract price aramco (CPA) mencapai US$775 per metrik ton, naik sekitar 21% dari harga rata-rata CPA sepanjang 2021,” ujar Irto dalam keterangan resmi.

Penyesuaian harga telah mempertimbangkan kondisi serta kemampuan pasar LPG nonsubsidi. Di samping itu, harga ini masih paling kompetitif dibandingkan berbagai negara di ASEAN. Untuk LPG subsidi 3 kg, Irto menyebut tidak ada perubahan harga yang berlaku.

“Penyesuaian harga hanya berlaku untuk LPG nonsubsidi, seperti Bright Gas, atau sekitar 6,7% dari total konsumsi LPG nasional per Januari 2022 ini," imbuh Irto.

Baca juga: Pemerintah Perlu Waspadai Belanja Subsidi Energi

Sedangkan, untuk LPG subsidi 3 kg yang porsinya lebih dari 93% tidak mengalami perubahan harga. Adapun harga tetap mengacu kepada Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah daerah setempat.

Untuk harga LPG 12 kg, seperti wilayah, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat, dipatok seharga Rp187 ribu per tabung. 

Di Sumatera, kecuali Bangka Belitung, harga LPG 12 kg sebesar Rp189 ribu per tabung. Harga LPG 12 kg tertinggi ada di Ambon, Maluku, dengan Rp243 ribu per tabung.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat