visitaaponce.com

PLN Segera Operasikan PLTS Hybrid Terbesar di Sulsel

PLN Segera Operasikan PLTS Hybrid Terbesar di Sulsel
Ilustrasi: Petugas PLN memeriksa kualitas pasokan listrik saat melakukan kunjungan di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Kupang(MI/Ramdani)

PT PLN (Persero) segera mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid dengan kapasitas 1,3 Mega Wattpeak (MWp) yang terletak di Desa Parak, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

PLTS tersebut dibangun di atas lahan seluas 1,46 hektare (ha) dengan total investasi Rp39,5 miliar. Ditargetkan dapat beroperasi secara komersil pada semester I 2022, PLTS terbesar di Sulsel ini bakal meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT).

"PLTS Hybrid Selayar adalah langkah awal dari banyak titik yang sedang kami kerjakan. Ke depan, PLN akan terus melakukan pembangunan pembangkit listrik yang berbasis pada energi terbarukan," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan resmi, Minggu (6/3).

Dengan beroperasinya PLTS Hybrid Selayar, maka total daya mampu sistem kelistrikan Selayar adalah 11,65 megawatt (MW), dengan beban puncak adalah 6,4 MW, sehingga masih terdapat cadangan daya sebesar 5,25 MW.

Baca juga: Kawasan Industri Suryacipta Kian Berkomitmen Gunakan PLTS Atap

Hadirnya PLTS Hybrid Selayar, lanjut Darmawan, akan turut memberikan sumbangsih dalam menurunkan emisi karbon sebesar 1.400 ton CO2 per tahun.

"Selain bertujuan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan Pulau Selayar, kehadiran PLTS ini juga dapat mengurangi penggunaan energi fosil dan menekan emisi karbon," ujarnya.

Di satu sisi, hadirnya PLTS Hybrid Selayar, diharapkan dapat meningkatkan potensi obyek-obyek wisata serta mendorong kegiatan ekonomi masyarakat setempat karena sistem kelistrikan bakal semakin andal.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat