visitaaponce.com

Tim SAR Mulai Cari 22 Kru Kapal Tenggelam di Perairan Selayar

Tim SAR Mulai Cari 22 Kru Kapal Tenggelam di Perairan Selayar
Ilustrasi(Antara)

Tim Pencarian dan Pertolongan (Search and Recue/SAR) Makassar, Sulawesi Selatan, menyatakan operasi pencarian terhadap 22 kru kapal motor (KM) Dewi Jaya II yang hilang di perairan Selayar dimulai pada Rabu (13/3) pagi.

"Pencarian para korban itu akan dilakukan pagi ini," kata Humas Kantor SAR Makassar Ade Hamsidar dalam pesan singkat, Rabu.

Kondisi cuaca menjadi salah satu penentu kelancaran proses pencarian korbankapal tenggelam mengingat dalam beberapa hari sebelumnya Perairan Selayar diterpa cuaca buruk. Ade pun memastikan pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG dengan harapan kondisi cuaca cerah dan kondusif sehingga mempermudah proses pencarian para korban.

Baca juga : Kapal Nelayan Bermuatan 3 Orang di Makassar Hilang

"Tim di lapangan berusaha melakukan yang terbaik," imbuhnya.

Sebanyak 22 kru itu dinyatakan hilang setelah kapal yang mereka tumpangi untuk menangkap ikan terbalik dihantam angin dan gelombang tinggi.

Berdasarkan laporan tim Basarnas, KM Dewi Jaya II merupakan kapal penangkap ikan yang mengangkut sebanyak 35 orang kru kapal. Kapal tersebut berangkat berlayar dari Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara dengan tujuan perairan Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (3/3) pagi.

Namun, di tengah pelayaran atau tepatnya pada Sabtu (9/3) dini hari terjadi gelombang tinggi, sehingga mengakibatkan kapal terbalik yang diduga masuk daerah Perairan Kepulauan Selayar.

Peristiwa tragis tersebut terungkap setelah ada nelayan dan warga yang melaporkan ke petugas piket Basarnas mereka menemukan sebanyak 13 orang terdampar di perairan pada Selasa (12/3) pagi. Sebanyak 11 orang, di antara mereka termasuk sang kapten, selamat, Adapun, dua lainnya meninggal dunia. Keduanya ditemukan terposah di Pulau Jampea dan di Pulau Kayuadi Taka Bonerate. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat