visitaaponce.com

Kapal Penangkap Ikan Terhantam Ombak di Sulsel, 2 ABK Meninggal, 24 Hilang

Kapal Penangkap Ikan Terhantam Ombak di Sulsel, 2 ABK Meninggal, 24 Hilang
Ilustrasi kapal terbalik akibat terhantam ombak.(Dok. Freepik)

KAPAL nelayan (penangkap ikan) bermuatan 37 orang, KM Dewi Jaya 2 rute Muara Baru, Jakarta tujuan Lombok, dilaporkan terbalik sekitar 52 Nautical Mile dari Pelabuhan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dua penumpangnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, sementara 24 orang masih hilang.

Tim Kantor Basarnas Kota Makassar, hingga Rabu (13/2),masih melakukan pencarian terhadap korban kapal yang terbalik sejak Sabtu (9/3). Pencarian terhadap korban kapal terbalik, Basarnas mengerahkan Rigid Bouyancy Boat (RBB) menuju ke lokasi kejadian.

Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar mengatakan, tim rescue dari Pos Sar Selayar telah berkoordinasi dengan aparat setempat dan membentuk posko gabungan untuk percepatan informasi.

Baca juga : Kapal Nelayan Bermuatan 3 Orang di Makassar Hilang

"Hingga saat ini dari 37 orang, telah ditemukan 11 orang selamat, 2 orang meninggal dunia dan 24 orang masih dalam pencarian oleh tim sar gabungan," kata Mexianus.

Lokasi penemuan korban terbaliknya kapal berbeda-beda, ada yang terdampar di di Pulau Jempea, Pulau Kayuadi, dan Rijuni, Kabupaten Kepulauan Selayar. Salah satu korban yang ditemukan selamat adalah kapten kapal KM Dewi Jaya 02, Sun Hen, beralamat di Gang Parapa No 12, Cengkareng.

Sun Hen bercerita, kapal penangkap ikan yang ditumpanginya mulai berlayar dari Pelabuhan Muara Baru Penjaringan, Jakarta Utara menuju Lombok Nusa Tenggara Barat untuk mencari ikan dan memasang rumpon.

Baca juga : Tim SAR Mulai Cari 22 Kru Kapal Tenggelam di Perairan Selayar

"Diperjalanan sudah masuk Perairan Selayar, kapalnya dihantam badai dengan ketinggian ombak 2,5 meter disertai hujan yang sangat deras. Kapal pecah dan 35 ABK yang berada di atas kapal terjatuh," terang Sun Hen.

Hingga saat ini, tim masih melakukan pencarian terhadap 24 orang lainnya yang dinyatakan hilang.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat