visitaaponce.com

Jokowi Pamer Restorasi Sungai Citarum dan PLTS Terapung Cirata di KTT WWF ke-10

Jokowi Pamer Restorasi Sungai Citarum dan PLTS Terapung Cirata di KTT WWF ke-10
Presiden Jokowi  memamerkan restorasi Sungai Citarum dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di WWF ke-10.(Tangkapan layar Youtube)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memamerkan restorasi Sungai Citarum dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata, Jawa Barat di hadapan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10. 

"Di Indonesia, kolaborasi telah menjadi kunci keberhasilan dalam merestorasi Sungai Citarum serta pengembangan energi hijau, solar panel terapung di waduk Cirata, yang menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dan ketiga di dunia," kata Jokowi dalam pidatonya di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5).

Jokowi mengatakan infrastruktur tersebut sebagai kolaborasi untuk mewujudkan prinsip air untuk kemakmuran bersama. Terlebih, Indonesia merupakan negara yang mayoritas wilayahnya perairan.

"Sebagai negara dengan luas perairan yang mencapai 65 persen, Indonesia kaya kearifan lokal dalam pengelolaan air, mulai dari sepanjang garis pantai, pinggiran aliran sungai, sampai tepian danau," ucap Jokowi.

PLTS Terapung Cirata diresmikan Jokowi pada 9 November 2023. Sedangkan, restorasi Sungai Citarum juga dilakukan mulai dari 2018 dan masih berproses. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat