visitaaponce.com

Tumpukan Sampah di Aliran Citarum di Batujajar mulai Berkurang

Tumpukan Sampah di Aliran Citarum di Batujajar mulai Berkurang
Seorang petugas melakukan pengangkatan sampah di aliran Sungai Citarum di wilayah Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.(MI/DEPI GUNAWAN)

KONDISI aliran Sungai Citarum di Blok Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, mulai membaik, ditandai tingkat pencemaran sampah yang berkurang.

Sejak Rabu (12/5), puluhan petugas berusaha untuk membersihkan Sungai
Citarum dari sampah yang mayoritas merupakan sampah plastik. Selain
pengangkatan secara manual, pembersihan sampah dibantu faktor alam.

"Kemarin itu kondisi aliran sungai tertutup sampah. Untuk hari ini alhamdulillah karena terdorong air hujan, jadi sampah terdorong ke hilir," kata petugas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Irma Sjofandie, Kamis (13/6).

Baca juga : Penjabat Gubernur Jawa Barat Pimpin Pembersihan Sampah di Sungai Citarum Batujajar

Pihaknya sempat pesimistis pembersihan sampah tuntas dalam tempo waktu
seminggu sesuai harapan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

"Kalau lihat kondisi kemarin sepertinya tidak mungkin seminggu. Tapi
alhamdulillah dengan bantuan alam, berbeda sekali kondisinya dengan
sekarang. Jadi ada upaya mengangkat sampah, selain itu sampah terdorong ke hilir karena hujan," ujar Irma.

Pengangkatan sampah dilakukan secara manual mengerahkan perahu serta alat berat dari Satgas Citarum Harum Sektor 9 serta kendaraan amfibi BBWS Citarum.

Baca juga : Pemprov Jabar Tingkatkan Kebersihan Sungai Citarum

Sementara itu, Pemkab Bandung Barat berharap pemerintah kabupaten dna kota yang dilalui Sungai Citarum aktif mengedukasi warganya supaya tak membuang sampah sembarangan. Agar sampah bisa ditangani, perlu dibuat alat perangkap sampah di setiap wilayah agar tak seluruh sampah dari hulu bermuara di Bandung Barat.

"Selain penyekatan di setiap titik wilayah perbatasan daerah yang dilintasi DAS Citarum, penanganan banjir sampah juga dilakukan menggunakan alat berat. Selain itu juga pengerahan sejumlah perahu boat untuk mengangkut sampah yang berada di tengah sungai," ungkap Plh Bupati Bandung Barat, Ade Zakir.

Dia mengaku sudah berkolaborasi dengan Pemprov Jabar untuk melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampai ke sungai.

"Nanti ada edukasi ke masyarakat mungkin, karena kita tidak pernah tahu ini sampah siapa yang membuang. Yang penting kita semua harus berkolaborasi bersama-sama menyelesaikan dari hulunya," jelasnya.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat