visitaaponce.com

Restorasi Terumbu Karang, Harita Nickel Jaga Kelestarian Ekosistem Perairan Obi

Restorasi Terumbu Karang, Harita Nickel Jaga Kelestarian Ekosistem Perairan Obi
Pemantauan terumbu karang yang rutin dilakukan oleh tim Environmental Marine Harita Nickel.(DOK HARITA NICKEL)

PROGRAM restorasi terumbu karang yang dijalankan oleh Harita Nickel, perusahaan pertambangan dan teknologi pemrosesan nikel terintegrasi berkelanjutan, telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Terumbu karang buatan (artificial reef) yang ditempatkan oleh perusahaan di perairan Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara, telah ditumbuhi karang alami dan dihuni berbagai jenis biota laut.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh tim Environmental Marine Harita Nickel pada periode Oktober 2022 hingga Januari 2024, dapat dilaporkan bahwa karang alami tumbuh dengan baik antara 1.30 cm hingga 8,65 cm. Tim juga mencatat sebanyak 109 spesies ikan karang dari 50 genus dan 22 famili terpantau berada di area restorasi terumbu karang. 

Dari ratusan spesies ikan tersebut di dalamnya termasuk ikan-ikan ekonomis penting yang menjadi target tangkapan nelayan lokal, seperti ikan kerapu, kakap dan lencam. Tidak hanya ikan, terumbu karang buatan itu juga dihuni berbagai jenis biota laut lainnya, seperti bintang laut, kepiting, lobster dan teripang.

Baca juga : Revitalisasi Terumbu Karang di Banyuwangi Jadi Salah Satu Aksi TJSL PNM

Environmental Marine Manager Harita Nickel, Windy Prayogo, mengatakan restorasi terumbu karang merupakan bagian dari program environmental services yang dilakukan perusahaan di perairan sekitar operasionalnya. Tujuannya untuk memulihkan ekosistem terumbu karang yang terdegradasi, baik akibat kondisi alam maupun aktivitas yang merusak seperti illegal fishing dengan menggunakan bom, sehingga dapat kembali lestari.

Lebih lanjut Windy menjelaskan, restorasi terumbu karang telah dilakukan secara konsisten oleh Harita Nickel. Dalam hal ini, perusahaan menempatkan terumbu karang buatan di perairan dangkal dengan kedalaman 3-5 meter. Terumbu karang buatan yang dibentuk menyerupai kubus berongga (reef cube) ini, disusun membentuk struktur bangunan sebagai wadah karang tumbuh alami yang selanjutnya akan menjadi rumah bagi berbagai jenis biota laut.

“Reef cube kami tempatkan di area di mana kondisi terumbu karangnya terdegradasi. Bukan di area yang kondisi terumbu karang alaminya masih bagus. Dan penempatannya juga berdasarkan survei dengan kriteria substrat karang mati, pecahan karang, atau berpasir serta kontur yang relatif datar,” terangnya. 

Baca juga : Dua Peneliti IPB Turut Program Dukung Restorasi Terumbu Karang dari Sheba

Uniknya, reef cube berukuran 40x40 cm ini ternyata dibuat dari pemanfaatan bahan sisa hasil produksi yakni slag nikel dan fly ash. Pemanfaatan ini merupakan upaya re-cycle sisa hasil produksi dan dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan pelestarian lingkungan, selain juga untuk material bangunan. 

“Hingga saat ini, total reef cubes yang telah ditempatkan mencapai 1.696 buah yang tersebar di tiga titik perairan di sekitar area operasional perusahaan. Ke depan kami berencana untuk menambah penempatan kubus berongga lagi,” imbuhnya. 
    
Lebih lanjut disampaikan, program restorasi terumbu karang yang dijalankan perusahaan tidak hanya berfokus pada pembuatan dan penempatan reef cubes, akan tetapi juga mencakup pemantauan dan pemeliharaan rutin setiap pekan. Meliputi perawatan reef cubes, mengukur pertumbuhan karang alami dan mencatat jenis-jenis ikan yang dijumpai. Semua kegiatan ini tentunya dilakukan oleh tim yang terlatih dan didukung dengan peralatan khusus.

“Reef cube yang telah ditumbuhi karang alami dan dihuni berbagai jenis biota laut ini juga menandakan bahwa kualitas air laut di kawasan tersebut baik dan terjaga,” tegasnya.

Baca juga : Gandeng Reeformers, Mercedes-Benz Tanam Terumbu Karang di Manado

Tiga fungsi terumbu karang

Dr Nurhalis Wahidin, SP,MSc, akademisi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Khairun Ternate, mengatakan terumbu karang memiliki banyak kegunaan baik bagi ekosistem perairan, lingkungan pesisir dan bahkan manusia. Manfaat ini terangkum dalam tiga fungsi terumbu karang yang meliputi fungsi ekologis, fisik dan ekonomis.

Secara lebih rinci, dia menjelaskan fungsi ekologis sebagai tempat biota laut lain memijah, mencari makan dan hidup. Kemudian fungsi fisik terumbu karang sebagai pelindung pantai dari gelombang dan abrasi. Sedang fungsi ekonomis terumbu karang untuk pemanfaatan jasa lingkungan, seperti pengembangan wisata. 

“Kalau fungsi ekologinya berjalan, terumbu karang akan berperan terhadap keanekaragaman biota laut, ikan banyak di situ dan bisa dimanfaatkan. Tapi fungsi-fungsi itu akan hilang kalau keberadaan terumbu karang menurun, baik dari kuantitas maupun kualitasnya,” terang Nurhalis.

Karena itu, pihaknya mengapresiasi program restorasi terumbu karang yang telah dilakukan Harita Nickel di perairan sekitar wilayah operasioalnya. Dia berharap inisitif tersebut dapat meningkatkan fungsi ekosistem terumbu karang yang tidak hanya berguna bagi ekosistem laut, tapi juga bagi masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Nurhalis berharap inisiatif yang telah dijalankan perusahaan dapat terus dilanjutkan dengan melibatkan masyarakat sekitar. Menurutnya pelibatan warga diperlukan untuk keberlanjutan program yang telah dijalankan perusahaan dan sekaligus memberikan kesadaran warga untuk ikut serta dalam menjaga sumber daya alam di lingkungannya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat