visitaaponce.com

DAS Citarum Dikelola Kabupaten dan Kota pada 2026, Pemprov Jabar Siapkan Transisi

DAS Citarum Dikelola Kabupaten dan Kota pada 2026, Pemprov Jabar Siapkan Transisi
Warga menaiki perahu untuk menjala ikan di Sungai Citarum, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.(Dok. Antara)

MENJELANG berakhirnya masa tugas Satgas Citarum Harum pada 2025, Pemprov Jabar (Jawa Barat) saat ini tengah menyiapkan masa transisi pengelolaan lingkungan DAS Citarum bagi pemerintah Kabupaten dan Kota.

Pasalnya, seiring berakhirnya Perpres Nomor 15 Tahun 2018 pada Desember 2025, pengelolaan Citarum yang selama ini dilakukan oleh Satgas Citarum Harum selanjutnya akan diserahkan kepada masyarakat dan stakeholders terkait.

Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Herman Suryatman mengatakan, masih ada waktu 1,5 tahun bagi pemangku kepentingan untuk melakukan konsolidasi komitmen, strategi, dan program kolaborasi untuk memastikan konservasi program Citarum Harum tetap terjaga.

Baca juga : Telusuri Jejak Peradaban melalui Cerita Citarum

"Harapan dari pemerintah setelah Desember 2025, Citarum harus dikelola sama pemerintah kabupaten/kota, provinsi tentu bersama masyarakat. Pasca Perpres No 15 tahun 2018, artinya pemda dan masyarakat harus memiliki kesiapan, kita memiliki waktu 1,5 tahun untuk melakukan transisi," kata Herman saat meninjau pembersihan sampah Sungai Citarum, di Blok Desa Selacau Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (18/6).

Oleh karena itu, pihaknya saat ini gencar melakukan konsolidasi dan langkah nyata untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dari hulu sampai hilir di sepanjang aliran DAS Citarum di 13 kabupaten/kota.

Ia menyatakan, Satgas bukanlah seorang 'Superman' yang bisa langsung menyelesaikan semua masalah, tapi persoalan Citarum harus diselesaikan super team.

Baca juga : Aktivis Lingkungan Sebut Program Citarum Harum telah Gagal

Sehingga Pemprov Jabar mengundang bupati dan walikota untuk bersama-sama memikirkan, merencanakan dan mengeksekusi langkah-langkah progresif agar Indeks Kualitas Air Citarum pada 2025 bisa mencapai 60.

"Saat ini indeks kualitas airnya 50,78 dan pada Desember 2025 kami targetkan pada saat transisi dicover dari Satgas yang didalamnya ada TNI, Pemda dan masyarakat harus mencapai 60," ujarnya.

Agar target itu tercapai, lanjut dia, stakeholders terkait dan masyarakat harus bekerja keras dan gotong royong demi menjaga Citarum yang menjadi harga diri Jawa Barat.

"Kalau kita bisa menyelesaikan Citarum berarti kita punya harga diri, berarti kita punya peradaban. Bagi saya, bagi kami, gubernur dan jajaran tentunya ini adalah pertarungan untuk kepentingan generasi mendatang," jelasnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat