visitaaponce.com

Erick Thohir Tegaskan Pelita Air Fokus Rute Domestik

Erick Thohir Tegaskan Pelita Air Fokus Rute Domestik
Pesawat Airbus A320-200 maskapai Pelita Air bersiap mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.(Antara)

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan maskapai milik PT Pertamina (Persero), yakni Pelita Air Service (PAS), fokus pada penerbangan domestik.

Maskapai tersebut resmi membuka penerbangan reguler dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, menuju Bandara I Gusti Bandara Ngurah Rai, Bali, per Kamis (28/4) ini.

"Kita luncurkan Pelita Air. Ini fokus ke flight domestic, tidak international flight dulu," ujar Erick dalam rekaman video yang diterima, Kamis (28/4).

Baca juga: Siap Terbang Perdana ke Bali, Pelita Air mulai Jual Tiket Pesawat Airbus A320-200

Dengan total populasi mencapai 273 juta orang, Indonesia menjadi pasar empuk domestik yang bisa menguntungkan negara dengan menarik banyak penumpang pesawat, khususnya melalui Pelita Air.

"Indonesia ini negara kepulauan dengan 273 juta penduduk. Jadi, memang fokus utamanya domestic flight. Pertumbuhan ekonomi domestik itu yang harus dijaga dan dibangun," pungkasnya.

Sebelum pandemi covid-19, lanjut dia, 70% industri pariwisata Indonesia merupakan turis domestik dan 28% turis internasional. Diperkiraan, pendapatan dari perjalanan rute domestik mencapai Rp1.400 triliun. Sedangkan, dari rute internasional hanya Rp300 triliun.

Baca juga: H-4 Lebaran, 135 Ribu Penumpang Padati Bandara Soetta

"Pertanyaannya, apakah kita ingin menjadi bangsa gaya-gayaan, karena terbang keluar negeri supaya keren? Yang penting kan membuka lapangan kerja," kata Erick.

Pelita Air Service akan menyiapkan 20 armada yang bakal terbang reguler hingga tahun depan. Adapun penerbangan perdana yang memakai pesawat Airbus A320-200, lepas landas pukul 09.20 WIB dan tiba pukul 12.10 WITA, untuk satu kali penerbangan.

Dilanjutkan dengan rute kedua dengan destinasi sebaliknya, yaitu Jakarta-Bali dengan penerbangan pukul 14.55 WITA dan tiba pukul 15.45 WIB. Saat ini, rute dan jadwal penerbangan tersebut memiliki frekuensi satu kali per hari.(OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat