visitaaponce.com

Siasat Inovatif Dkriuk Hadapi Persaingan Bisnis Waralaba Ayam Goreng

Siasat Inovatif Dkriuk Hadapi Persaingan Bisnis Waralaba Ayam Goreng
Salah satu outlet waralaba kuliner ayam goreng, Dkriuk,(Ist)

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pernah mengatakan bahwa kuliner sebagai sub sektor penyumbang produk domestik bruto (PDB) terbesar dari ekonomi kreatif di Indonesia.

Rata-rata tiap tahun sekitar 43% dari total PDB ekonomi kreatif berasal dari bisnis kuliner.

Bisnis kuliner bertumbuh dalam berbagai bentuk, termasuk yang paling laris adalah model franchise atau waralaba. Salah-satu bisnis kuliner franchise yang laris adalah Dkriuk .

“Bisnis waralaba ayam goreng Dkriuk, kami bangun pada saat pandemi 2020 dengan sistem kemitraan bermodel gerobak dengan harapan agar para pemula yang mau merambah di bisnis kuliner memulainya dengan harga yang ekonomis dan keuntungan yang menjanjikan,” ujar CEO Dkriuk Fried Chicken Iksan Juhansyah dalam keterangan pers, Selasa (26/7).

Baca juga: Ayam Jadi Komoditas Daging yang Paling Banyak Dikonsumsi di Dunia

Dari website-nya terungkap bahwa untuk bisa memulai bisnis kemitraan ini, Dkriuk menawarkan beberapa paket untuk para mitra yakni, all new booth dengan harga Rp 17 juta di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), silver, gold, hingga mini resto.

Dengan harga franchise yang terjangkau itu para mitra Dkriuk sudah bisa mendapatkan gerobak alumunium, perlengkapan dan peralatan masak, bahan baku awal, serta media promosi.

“Dari segi lokasi - pihak Dkriuk akan membantu memberikan rekomendasi terbaik yang strategis sehingga para mitra akan mendapat gambaran,” tutur Iksan.

Lebih lanjut Iksan mengatakan, selama ini paket kemitraan yang paling banyak dipilih calon pelaku bisnis adalah paket kemitraan gold dengan harga Rp 23 juta.

“Setelah daftar menjadi mitra, kami akan mengadakan training session selama lima hari di Training Center Dkriuk,” ujarnya.

Selain training, para mitra mendapatkan pendampingan untuk menjalankan usaha. Bagaimana dengan keuntungan dari franchise Dkriuk?

“Keuntungan untuk para mitra beragam. Mulai dari free royalty dan 100% keuntungan penjualan untuk mitra tanpa bagi hasil, support dari manajemen selama menjadi mitra, membantu survei lokasi dan free grand opening serta membantu pelatihan SDM,” jelas Iksan.

Saat ini, area layanan Dkriuk meliputi wilayah Jabodetabek hingga kota-kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera termasuk stokis Dkriuk yang tersebar di wilayah – wilayah strategis kemitraan.

“Kami juga memiliki tim berpengalaman yang telah berhasil membantu mitra Dkriuk yang saat ini mencapai 1500+ outlet,” kata Iksan.

Dari segi produk - Dkriuk menyesuaikan cita rasa masyarakat Indonesia yang biasanya menyukai ayam goreng siap saji yang dilumuri tepung dan sudah dibumbui sebelum dimasak.

Rasa ayam girengnya akan meresap serta beberapa potongan ayam ras pedaging unggul yang biasa disebut ayam broiler.

Ayam broiler seperti yang kita ketahui memiliki ciri khas daging yang kaya dan empuk serta rasa yang khas. Karena itu, Iksan melakukan pendekatan positioning dari sisi marketing dengan menyiasati dari sisi varian saus dan sambal yang khas Dkriuk.

Ia juga menawarkan menu-menu dengan beberapa varian yaitu ada ayam sambal geprek, ayam dkribo, ayam keju, ayam black pepper, dan ayam mozzarella.

“Kami harus tampil beda dan selalu inovatif agar masyarakat dan pelanggan setia kami mengenal Dkriuk lebih baik,” tutur Iksan. (RO/OL-09)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat