visitaaponce.com

KKP Ekspor 2.533 Kg Tuna Papua ke Jepang

KKP Ekspor 2.533 Kg Tuna Papua ke Jepang
Ikan tuna sirip kuning.(Antara/Ampelsa.)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merayakan momen kemerdekaan Indonesia yang ke-77, melepas 2.533 kilogram (kg) ikan tuna Papua ke pasar Jepang. Ekspor ini langsung menjangkau Narita.

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jayapura Suardi mengungkapkan, pelepasan ini kerja sama KKP dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua, melalui proses quality assurance kepada PT Indo Numfor.

"Kita sama-sama telah menyaksikan ekspor ikan tuna dari Biak ke Jepang," kata dia dalam keterangannya, Kamis (18/8).

Suardi mengungkapkan, kegiatan ini terasa spesial lantaran terjadi menjelang peringatan 77 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Dikatakannya, ekspor ini sekaligus menandai potensi perikanan Bumi Cenderawasih.

Pengiriman ke negeri Sakura ini diharapkan menjadi stimulus bagi pelaku usaha lain untuk turut melakukan ekspor. Ia memastikan, jajaran BKIPM Jayapura mendampingi serta melakukan asistensi dari sisi quality assurance agar pelaku usaha di Papua bisa menembus pasar internasional.

Layanan BKIPM tersebut di antaranya ialah penerbitan sertifika hazard analysis and critical control point (HACCP) hingga cara karantina ikan yang baik (CKIB). Sertifikat tersebut menjadi jaminan kualitas dan mutu produk perikanan di pasar internasional.

"Semoga ekspor ini menjadi awal sekaligus inspirasi bagi pelaku usaha lain, dan kami tentu siap untuk mendampingi," tegasnya. (Ins)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat