visitaaponce.com

Pertamina Temukan Cadangan Migas Baru

Pertamina Temukan Cadangan Migas Baru
Petugas mengamati penyelesaian instalasi anjungan lepas pantai milik PHE.(Antara)

PT Pertamina Hulu Energi (PHE), sebagai Subholding Upstream Pertamina, dalam menjaga ketahanan energi berhasil menemukan cadangan baru melalui pengeboran sumur.

Kegiatan itu ialah eksplorasiz R-2 yang terletak di offshore Aceh bagian Barat, Bajakah-001 yang terletak di onshore Jawa Barat bagian Utara dan Markisa-001 yang terletak di onshore Salawati Papua.

Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Medy Kurniawan menyampaikan, hingga pertengahan Agustus atau bertepatan dengan hari Kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia (17/8), Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi (PHE) telah merampungkan 8 sumur.

Baca juga: Sri Mulyani Minta Pertamina Kendalikan Konsumsi Pertalite

"Dan tujuh sumur on going yang akan dilanjutkan dengan uji alir. Kami berharap target penyelesaian 29 sumur di akhir tahun dapat tercapai," ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (18/8).

Pada 2021, Subholding Upstream berhasil melakukan pengeboran sumur eksplorasi sebanyak 12 sumur. Tahun ini, Subholding Upstream berupaya meningkatkan kinerja secara agresif melalui rencana kerja pengeboran sumur eksplorasi sebanyak 29 sumur, atau 242% dibandingkan dengan realisasi tahun 2021.

Lebih lanjut Medy menjelaskan bahwa temuan cadangan baru dari tiga sumur eksplorasi ini melengkapi keberhasilan temuan cadangan sebelumnya di Semester I 2022, yaitu sumur Sungai Gelam Timur-1 di Jambi, Wilela-001 di Sumatera Selatan.

Baca juga: Hingga Juni 2022, Pertamina Mampu Produksi Migas 965 Ribu Barel/hari

Kemudian, di GQX-1 di Jawa Barat Bagian Utara dan Manpatu-1X di Mahakam. Adapun sukses rasio pengeboran year to date (ytd) Agustus 2022 mencapai 70%.

Dalam strategi eksplorasi, Subholding Upstream memiliki beberapa inisiatif, yakni berupa aset Wilayah Kerja (WK) eksisting dimana kontribusi eksplorasi dibutuhkan dalam mempertahankan dan meningkatkan produksi migas eksisting.

Selanjutnya strategi New Ventures dimana Subholding Upstream Pertamina mencari potensi eksplorasi yang baru. Terakhir, strategi partnership untuk sharing risk & cost serta technology & knowledge transfer melalui akselerasi proses kerjasama dan joint bidding domestic serta luar negeri.(OL-11)

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat