visitaaponce.com

Memperkuat Ekosistem Sanggar Seni

SSEBAGAI kelompok sanggar seni, Marajaki sadar bahwa kebutuhan modal untuk berkesenian tidak selalu didapat dengan mudah. Sebab itu, mereka mengupayakan inisiatif swadaya dengan membentuk lini bisnis, Marajaki Kreatif.

Mereka serius menciptakan produk yang layak seperti yang ada di pasaran.

Entitas bisnis sanggar seni yang berbasis di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, ini pun dianggap sebagai ‘sekoci’ mereka dalam situasi darurat seperti saat pandemi menerpa.

“Kami memulai konsep ini sejak 2018, lalu terus berkembang. Saat pandemi, kami menginovasikan produk masker dengan anyaman rotan, dan itu cukup laku keras. Dalam sepekan bahkan kami bisa mencetak omzet Rp20 jutaan,” kata pendiri dan Ketua Marajaki Kreatif, Benny M Tundan, kepada Media Indonesia melalui sambungan telepon, Rabu (12/10).

Saat ini, Marajaki beranggotakan 60 orang yang merupakan ‘kader’ seniman mereka, tim kreatif, dan produksi. Jika terus dikembangkan, tentu Marajaki Kreatif juga bisa menjadi penyokong kegiatan kebudayaan mereka di sanggar lewat seni tari dan musik.

Selain sebagai penguat ekosistem kelompok seni pertunjukan, Marajaki Kreatif juga membuka peluang bagi para perajin rotan di pedalaman Kalimantan agar produk mereka bisa diterima oleh pasar yang lebih luas. Benny menjelaskan, Marajaki Kreatif mendapat suplai anyaman rotan dari wilayah pedalaman, bahkan dari daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

“Ini juga harusnya bisa menjadi perhatian pemerintah agar bisa dikelola dan dikemas dengan baik,” imbuh Benny. (Jek/M-3)

 

 

Biodata:

 

Marajaki Kreatif

 

Sejak 2018

 

Lini bisnis yang berafiliasi dengan sanggar seni Marajaki.

 

Domisili: Palangka Raya, Kalimantan Tengah

 

Produk: Fesyen dan kriya berbahan rotan seperti sepatu, tas, gelang, dan masker.

 

Pendiri/Ketua

Nama: Benny M Tundan

Tempat, tanggal lahir: Kuala Kapuas, 27 Mei 1983

 

Pendidikan: Sarjana hukum

Penghargaan Marajaki Kreatif:

- Investor UMKM Program Klinik Bisnis 2021

- Finalis Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 perwakilan Banjarmasin

- Finalis terbaik subsektor kriya, Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia 2022

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat