visitaaponce.com

Tim Poltek LP3I Bantu Selesaikan Masalah Pengolahan Daging Beku IKM

Tim Poltek LP3I Bantu Selesaikan Masalah Pengolahan Daging Beku IKM
Pendampingan bagi IKM di Pulo Gadung(Dok.Ist)

Tim Politeknik LP3I Jakarta telah berhasil membantu menyelesaikan masalah dalam proses produksi, pengelolaan dokumen dan keuangan serta proses pemasaran secara digital industri kecil menengah (IKM) yang bergerak di bidang pengolahan daging frozen di Pulogadung.

Agung Edi Rustanto, dosen sekaligus ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) LP3I Jakarta mengatakan, timnya berhasil membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi IKM Raihan Pangan Utama yang berlokasi di area pergudangan Dharma Jaya, Pulogadung, Jakarta Timur, baik dari segi proses produksi, pengelolaan dokumen dan keuangan serta proses pemasaran secara digital.

“Kegiatan PkM ini sangat diapresiasi oleh Vero Prasetyo selaku pemilik usaha,” kata Agung  di Jakarta, Rabu (19/10).

Pada kesempatan yang sama, pemilik IKM Raihan Pangan Utama, Vero Prasetyo mengatakan, kegiatan PkM ini sangat perlu untuk terus dilakukan dari Politeknik LP3I Jakarta ataupun dari Kemendikbudristek, karena kegiatan ini memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha khususnya usaha kecil menengah.

“Banyak hal positif yang bisa dibagikan dari dunia pendidikan yang nantikan diaplikasikan untuk tempat usaha saya dan juga untuk Industri Kecil Menengah lainnya,” ujarnya.

Agung Edi Rustanto bersama dosen lain yakni Syamsurizal, Nasril dan dibantu lima mahasiswa melakukan PkM ke IKM dengan dukungan hibah dari Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (DAPTV) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Agung menjelaskan tema yang diusung timnya adalah “PkM Perbaikan Manajemen Usaha dan Peningkatan Kualitas Produk Pada IKM Produksi Daging Frozen Kemasan di Pulo Gadung”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan mitra terkait dengan manajemen usaha dan kualitas produk melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Beberapa permasalahan mitra PkM yang teridentifikasi, menurut Agung, antara lain pekerja belum menggunakan APD secara lengkap, belum memperhatikan kebersihan, packaging produk masih menggunakan kantong plastik biasa, dan peralatan produksi belum dikelola dan dirawat dengan baik.

Selain itu, pengelolaan dokumen masih manual serta belum rapi. Pengelolaan keuangan masih belum baik dan profesional. Pengetahuan dan keterampilan mengenai strategi pemasaran produk masih kurang, dan belum memanfaatan teknologi informasi dalam melakukan pemasaran secara online.

Setelah dilakukan pelatihan, pendampingan dan penerapan IPTEK, menurut Agung, usaha IKM Raihan Pangan Utama menjadi lebih baik. Dalam proses produksi pengolahan daging frozen pekerja sudah memperhatikan K3 dan menggunakan APD secara lengkap.

Menurut Agung, pemasaran yang sebelumnya masih dilakukan secara konvensional, saat ini sudah dilakukan juga secara online. IKM Raihan Pangan Utama mengaktifkan akun media sosial dan marketplace untuk memperluas jangkauan penjualan. (RO/E-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Raja Suhud

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat