visitaaponce.com

Hari Listrik Nasional 80 Ribu Keluarga tak Mampu Bisa Nikmati Listrik PLN

Hari Listrik Nasional: 80 Ribu Keluarga tak Mampu Bisa Nikmati Listrik PLN
Sejumlah petugas PLN melakukan perawatan jaringan listrik.(Antara)

DALAM rangka peringatan Hari Listrik Nasional ke-77, PT PLN (Persero) akan melakukan penyaluran bantuan sambung listrik gratis pemerintah kepada 80 ribu keluarga kurang mampu pada tahun ini.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu mengatakan peningkatan rasio elektrifikasi menjadi upaya pemerintah untuk mendorong pemerataan pembangunan.

"Kementerian ESDM dan PLN berkomitmen menuntaskan penyelesaian penyambungan listrik program ini hingga akhir 2022," ucapnya dalam keterangan resmi, Kamis (27/10).

Kementerian ESDM, lanjut dia, menugaskan PLN dalam pengadaan dan pemasangan BPBL untuk periode 2022. Hingga 25 Oktober, telah dilakukan 8 kali peresmian penyalaan pertama program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

Adapun peresmian tersebut berada di Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara, dengan jumlah total 38.780 saluran listrik.

“Kami mencatat masih terdapat warga yang menyalur listrik dari tetangga, karena tidak mampu membayar biaya. Melalui program BPBL ini diharapkan meningkatkan taraf hidup warga," imbuh Jisman.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN siap mengikuti arahan pemerintah untuk menyalurkan program BPBL. Untuk periode Oktober, peresmian BPBL akan dilakukan di 7 lokasi, termasuk Bangka Belitung, Ambon dan Jawa Barat.

"Saudara-saudara kita yang berada di daerah terpencil berhak menikmati energi listrik. Dalam kondisi apapun, kami harus bisa menyalurkan listrik kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Darmawan.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat