visitaaponce.com

Perilaku Konsumen Indonesia, Benakah Harga Murah Jadi Alasan Utama Berbelanja Daring

Perilaku Konsumen Indonesia, Benakah Harga Murah Jadi Alasan Utama Berbelanja Daring?
Ilustrasi berbelanja online(Freepik)

KONSUMEN yang melakukan pembelian online didorong oleh adanya penawaran harga yang lebih murah. Menurut NielsenIQ Indonesia, sepanjang tahun 2023, sebagian besar konsumen di Indonesia memilih untuk berbelanja melalui platform daring karena harga produk yang ditawarkan lebih ekonomis.

"Dalam pasar kita saat ini, alasan utama mengapa orang berbelanja online masih karena harga yang lebih murah," kata Rusdy dikutip dari Antara, (2/7).

Direktur NielsenIQ Indonesia, Rusdy Sumantri, mengungkapkan bahwa 79% konsumen memilih untuk berbelanja online karena mereka mendapatkan harga produk yang lebih terjangkau. Selain itu, kemudahan dalam proses pembayaran juga menjadi faktor penting yang mendorong konsumen untuk memilih berbelanja secara online.

Baca juga : Shopee Raih Peringkat Tertinggi dalam Kepuasan Konsumen E-Commerce versi IPSOS

Rusdy menambahkan bahwa pembayaran langsung tunai (cash) adalah metode pembayaran yang paling sering digunakan oleh konsumen saat bertransaksi online.

Kemudahan dalam proses pembayaran dianggap sebagai faktor kunci yang mempengaruhi pilihan konsumen terhadap suatu platform belanja online.

Namun, di sisi lain, ada juga kekhawatiran yang dimiliki oleh sebagian konsumen, seperti perbedaan tampilan produk yang terpajang di aplikasi dengan produk yang diterima secara langsung dari toko atau gerai.

Baca juga : Shopee Dominasi Kepuasan Belanja Online

Survei yang dilakukan oleh NielsenIQ melibatkan sekitar 4000 responden di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Medan dengan menggunakan metode wawancara.

Hasil survei tersebut menunjukkan tren yang signifikan dalam perilaku belanja online masyarakat Indonesia.

Rusdy juga menjelaskan bahwa beberapa kategori produk yang paling diminati konsumen melalui platform belanja online termasuk fesyen (70%), kosmetik dan perawatan wajah (42%), transportasi (38%), dan travel (31%).

Menurut Rusdy, voucher diskon, gratis biaya pengiriman, dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitor merupakan tiga keuntungan utama yang ditawarkan oleh pelaku bisnis di platform belanja daring untuk menarik minat konsumen.

"Promosi yang sering ditawarkan masih berupa voucher diskon, free ongkir, dan konsumen juga merasa harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan pesaing," tambah Rusdy. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat