visitaaponce.com

BPS Ekonomi Kuartal III Tumbuh 5,72 secara Tahunan

BPS: Ekonomi Kuartal III Tumbuh 5,72% secara Tahunan
Pekerja menyelesaikan proses menjahit kain di salah satu industri garmen, Tegal, Jawa Tengah.(Antara/Oky Lukmansyah.)

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2022 mencapai 5,72% secara tahunan year on year (yoy). Ini merupakan pertumbuhan yang lebih tinggi dari pertumbuhan pada kuartal II sebesar 5,44% secara tahunan. Hasil itu pun melampaui capaian pada kuartal sama tahun sebelumnya sebesar 3,51% secara tahunan.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan perekonomian Indonesia berdasarkan besaran produk domestik bruto (PDB) pada kuartal III 2022 atas dasar harga berlaku (ADHB) tercatat sebesar Rp5.091,2 triliun. Kemudian, bila dilihat atas dasar harga konstan (ADHK) tercatat Rp42.976,8 triliun. 

"Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi indonesia pada triwulan III jika dibandingkan dengan triwulan II atau secara kuartal ke kuartal (Q to Q) tumbuh sebesar 1,81%," ujar Margo dalam konferensi pers secara virtual, Senin (7/11).

Margo melanjutkan, jika dibandingkan dengan kuartal III 2021 atau secara tahunan, ekonomi Indonesia III 2022 tumbuh sebesar 5,72%. "Secara kumulatif pertumbuhan triwulan I hingga triwulan III 2022 dibandingkan dengan triwulan I hingga III 2021 tumbuh 5,40%," jelasnya.

Margo mengatakan, walaupun di tengah inflasi global dan ancaman resesi, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini menandakan tren pemulihan ekonomi yang terus berlanjut dan semakin menguat. "Dengan pertumbuhan ekonomi yang impresif ini, tren pertumbuhan ekonomi tahunan semakin kuat dan menuju pemulihan," ucap Margo. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat