visitaaponce.com

Presiden Minta Uni Eropa Percepat Perundingan IEU CEPA

Presiden Minta Uni Eropa Percepat Perundingan IEU CEPA
Presiden Indonesia Joko Widodo(MI/Agung Wibowo)

PRESIDEN Joko Widodo meminta Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen membantu mendorong percepatan perundingan Indonesia-Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA).

Permintaan tersebut disampaikan secara langsung kepada Von Der Leyen dalam pertemuan bilateral di The Apurva Kempinski, Bali, Senin (14/11).

“Perundingan ke-12 sudah dijadwalkan di akhir 2022. Saya berharap perundingan akan mengalami kemajuan termasuk untuk isu pengadaan barang pemerintah, UKM dan pajak ekspor,” ujar Jokowi.

Baca juga: Uni Eropa dan Indonesia Percepat Negosiasi IEU CEPA

Sebagai Ketua ASEAN 2023, Kepala Negara juga menginginkan kemitraan antara ASEAN dan Uni Eropa terus diperkuat. Adapun, terkait G20, Jokowi juga meminta Komisi Eropa dan G7 dapat memberikan dukungan dan fleksibilitas agar KTT G20 bisa menghasilkan deklarasi.

“Saya ingin hasil kerja konkret G20 yang ditunggu dunia tetap dapat dihasilkan. Sekali lagi dukungan Yang Mulia akan sangat dihargai,” ucap mantan wali kota Surakarta itu.

Adapaun, Presiden Komisi Eropa Von Der Leyen mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam G20 yang terus berupaya merumuskan solusi bersama terkait krisis global. Indonesia dipandang sebagai mitra terpercaya dalam berbagai isu strategis termasuk energi terbarukan dan keamanan pangan.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat