visitaaponce.com

2 Ruas Tol Baru dan 8 Tol Fungsional Beroperasi Saat Nataru

2 Ruas Tol Baru dan 8 Tol Fungsional Beroperasi Saat Nataru
Jalan Tol Cisumdawu(ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyiapkan dua ruas jalan tol baru dan delapan jalan fungsional beroperasi untuk mendukung arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023.

Dua ruas jalan tol baru yang bakal beroperasi adalah Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 16,7 kilometer (km) dan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi Pamuluhan-Sumedang sepanjang 4,8 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km.

Operasional Tol Bengkulu-Taba Penanjung berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR No 988/KPTS/M/2022 tertanggal 25 Agustus 2022, sedangkan operasional Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 berdasarkan Surat Dirjen Bina Marga No 0702-Db/1489 tentang Sertifikat Laik Operasi Bersyarat Jalan Tol Cisumdawu Seksi Pamulihan-Sumedang dan Seksi Sumedang-Cimalaka tertanggal 11 November 2022.

"Kami memastikan kesiapan infrastruktur jalan yang didukung dengan bertambahnya ruas jalan tol beroperasi, termasuk jalan nasional dengan kondisi mantap," kata Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono dalam keterangannya.

Baca juga:  Proyek Jalan Tol Jogja-Bawen Bangkitkan Sektor Ekonomi Unggulan

Selanjutnya, untuk jalan tol yang disiapkan fungsional mendukung arus lalu lintas Nataru adalah Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A-Ujung sepanjang 4,8 km. Ruas tol ini telah dilakukan uji laik fungsi pada 23 September 2022.

Kedua, Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 km yang saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 99,2%. Penyelesaian sisa pekerjaan minor dan uji laik fungsi dilaksanakan pada minggu pertama Desember 2022.

Ketiga, Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan Paket 3 Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km. Main road Tol Sadang-Kutanegara siap difungsionalkan mendukung Nataru melalui jalan kawasan industri ke Simpang Susun (SS) Karawang Timur.

Berikutnya, Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru sepanjang 7,3 km dan Seksi 6 Kutobaru-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km. Penyelesaian main road kedua ruas ini ditargetkan selesai minggu ketiga Desember 2022.

Kelima, Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom sepanjang 7,45 km. Ruas ini telah dilakukan uji laik fungsi pada Oktober 2022 lalu. Keenam, Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3A Kukusan-Krukut sepanjang 3 km.

Ketujuh, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km. Pada ruas ini masih menyisakan pekerjaan penyelesaian Jembatan Cibadak di KM15+100-KM15+360 ditargetkan selesai 17 Desember 2022 dan di KM18+675-KM18+925 ditagetkan selesai 20 Desember 2022.

Jalan tol siap fungsional pada Nataru selanjutnya adalah Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km. Progres konstruksi Tol Tebing Tinggi-Indrapura sebesar 94,7% dengan target selesai akhir Desember 2022.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol Triono Junoasmono mengatakan berdasarkan progres konstruksi dan kondisi di lapangan, Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura sudah layak dilewati pengendara meski hanya sementara.

Fungsionalisasi tol ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pengguna jalan di saat liburan atau arus mudik Nataru nanti.

“Secara prinsip Tol Tebing Tinggi-Indrapura ini akan coba kita fungsionalkan pada Desember 2022 untuk arus nataru,” kata Yongki.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat