visitaaponce.com

Gubernur BI Perry Warjiyo Dapat Anugerah HB IX, Ini Prestasinya

Gubernur BI  Perry Warjiyo Dapat Anugerah HB IX, Ini Prestasinya
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (kiri) menerima penghargaan HB IX yang diserahkan Sri Sultan Hamengku Buwono X, Senin malam (19/12)(dok.Humas BI)

GUBERNUR Bank Indonesia, Perry Warjiyo, S.E., M.Sc., Ph.D., menyampaikan orasi ilmiah dengan judul "Optimalitas Kebijakan Publik di Masa Pandemi: Tiga Pelajaran Penting dari Bank Indonesia" di Bangsal Srimanganti, Keraton Yogyakarta, Senin (19/12) malam. Orasi tersebut merupakan bagian dari Anugerah Hamengku Buwono IX yang diterima Perry Warjiyo dari UGM dalam Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-73 UGM.

Perry Warjiyo menyampaikan anugerah ini merupakan dedikasi dan kerja keras segenap insan Bank Indonesia yang menjalankan amanat dengan sangat baik. "Kontribusi BI dalam mengawal kinerja perekonomian selama masa pandemi tidak terlepas dari 3 kunci optimalitas kebijakan publik, yaitu Konsistensi, Inovasi, dan Sinergi (KIS)," terang dia.

Konsistensi sangat penting agar kebijakan publik yang ditempuh tetap berlandaskan pada kaidah-kaidah pemikiran akademik yang rasional. Inovasi yang berupa terobosan dan bauran sejumlah instrumen kebijakan yang tersedia bertujuan untuk memperkuat efektivitas respons dalam menghadapi dinamika dan kompleksitas permasalahan yang dihadapi.

Sinergi, lanjut dia, dalam bentuk koordinasi antar kebijakan publik, khususnya kebijakan moneter dan fiskal, sebagai keniscayaan untuk optimalitas pencapaian tujuan kesejahteraan masyarakat dengan tetap menghargai kewenangan dan independensi masing-masing otoritas.

Lebih lanjut, Bank Indonesia melalui Kantor Perwakilan (KPw) BI DIY juga turut mendukung beberapa kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-73 UGM, seperti kegiatan UMKM Fair UGM bertajuk 'UMKM Days 2022', serta edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah dan sosialisasi QRIS pada Pergelaran Wayang Kulit 'Gajah Mada Kalajaya'.

Hal ini dimaksudkan sebagai upaya mendukung kinerja UMKM DIY menuju UMKM naik kelas, serta meningkatkan pemahaman masyarakat terkait Rupiah maupun penggunaan transaksi non-tunai melalui QRIS untuk meningkatkan akseptasi masyarakat terhadap pembayaran non-tunai.

Perry menerima Anugerah Hamengku Buwono (HB) IX Award 2022 dalam bidang pengembangan kebijakan dan strategi perekonomian nasional. Rektor UGM, Prof Ova Emilia menyebut, penganugerahan ini mencerminkan kontribusi nyata Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas perekonomian di tengah ancaman krisis multi dimensi yang berlangsung sejak masa pandemi melalui bauran kebijakan dalam menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan.

Pertama, mengoptimalkan seluruh instrumen dalam bauran kebijakan Bank Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Kedua, kebijakan moneter tetap mengandalkan instrumen utama kebijakan suku bunga BI7DRR dan penguatan kebijakan stabilitas nilai tukar.

Ketiga, kebijakan makroprudensial akomodatif dengan sejumlah instrumen termasuk insentif kepada bank-bank untuk penyaluran kredit kepada 46 sektor prioritas termasuk UMKM guna mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Keempat, akselerasi digitalisasi sistem pembayaran untuk memperkuat integrasi ekosistem ekonomi keuangan digital nasional melalui penggunaan QRIS, implementasi BI-FAST, dan SNAP (Standar Nasional Open API Pembayaran) serta pengembangan Rupiah Digital.

Kelima, mendorong inklusi ekonomi dan keuangan melalui program pengembangan UMKM maupun ekonomi-keuangan syariah.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengapresiasi atas inovasi dan gagasannya dalam kebijakan moneter yang berperan menjaga ketahanan ekonomi Indonesia terhadap dampak pandemi.

Bank Indonesia telah menempuh bauran kebijakan untuk memitigasi dampak pandemi dan menopang pemulihan ekonomi secara berkelanjutan, termasuk digitalisasi sistem pembayaran menjadi jembatan bagi pengembangan perekonomian ke tataran global. BI juga dinilai telah mengakselerasi
pengembangan inklusi keuangan khususnya di daerah DIY sebagai salah satu epicentrum pengembangan UMKM nasional.

Beberapa tokoh lainnya yang telah dianugerahi Hamengku Buwono IX Award diantaranya Herman Johannes, Mochtar Kusuma Atmadja, Selo Sumardjan, Teuku Jacob, Saparinah Sadli, Ajip Rosidi, Ahmad Syafii Maarif, Goenawan Mohamad, Jusuf Kalla, Retno Marsudi dan Basuki Hadimuljono. Acara penganugerahan ini turut dihadiri oleh Majelis Wali Amanat, Dewan Guru Besar, Senat, Rektorat dan Civitas Akademika Universitas Gadjah Mada serta perwakilan beberapa lembaga di Yogyakarta. (OL-13)

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Skema Normal Kartu Prakerja untuk Tahun 2023

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat