visitaaponce.com

RI Gandeng Inggris untuk Operasional LRT Jabodebek dan Kereta Cepat

RI Gandeng Inggris untuk Operasional LRT Jabodebek dan Kereta Cepat
Foto udara pembangunan proyek LRT Jabodebek di kawasan Kuningan, Jakarta.(Antara)

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan dua perusahaan konsultan asal Inggris, yaitu The Crossrail International dan PT Mott Macdonald Indonesia, untuk memastikan kesiapan operasional LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Kerja sama itu tertuang dalam komitmen kerja sama (cooperation of commitment/COC) antara Kemenhub, PT Mott Macdonald Indonesia dan The Crossrail International pada Senin (16/1) ini. Penandatangan disaksikan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins.

“Kedua proyek ini sedang menuju tahap akhir konstruksi. Kerja sama ini akan memastikan operasional kedua moda transportasi tersebut pada tahun ini, dengan tingkat keselamatan yang baik,” ujar Budi dalam keterangannya, Senin (16/1).

Baca juga: Wamen BUMN Pastikan Kereta Cepat Beroperasi Juni 2023

Menurut Budi, Inggris merupakan salah satu negara yang memiliki pengalaman baik dalam membangun infrastruktur perkeretaapian, dengan berbagai teknologi dan inovasi.

“Pengetahuan, keterampilan dan keahlian yang dimiliki (Inggris) dapat kita manfaatkan untuk melakukan transfer knowledge. Serta, alih teknologi di bidang perkeretaapian,” imbuhnya.

Baca juga: Pemerintah Tambah 10 Proyek Baru ke Daftar PSN

Adapun kedua proyek, baik LRT Jabodebek maupun Kereta Cepat Jakarta-Bandung, menggunakan aspek teknologi yang tinggi. LRT Jabodebek dikembangkan dengan Communication Based Train Control (CBTC) dan sistem Grade of Automation (GoA) level 3, yang dioperasikan tanpa masinis.

Sementara itu, Kereta Cepat Jakarta-Bandung menggunakan teknologi The Global System for Mobile Communications-Railway (GSM-R), yang merupakan pertama kalinya digunakan di Indonesia.

“Dengan adanya kerja sama konsultasi praoperasional LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, diharapkan semakin memperkuat hubungan kerja sama antara kedua negara,” jelas Budi.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat