visitaaponce.com

Presiden Jokowi Ingatkan Bulog Soal Lonjakan Harga Beras

Presiden Jokowi Ingatkan Bulog Soal Lonjakan Harga Beras
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers di Stadion Madya, Komplek GBK, Jakarta, Jumat (13/1/2023).(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

PRESIDEN Joko Widodo sudah memeringatkan Perum Bulog soal kenaikan harga beras.

Menurut Jokowi, jumlah daerah yang terancam inflasi akibat lonjakan harga komoditas tersebut sudah sangat banyak.

"Hati-hati dengan yang namanya kenaikan harga beras. Saya sudah dua hari yang lalu memperingatkan Bulog untuk masalah ini karena di lapangan, 79 daerah mengalami kenaikan yang tidak sedikit," ujar Jokowi dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Indonesia di Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1).

Tidak hanya Bulog, peringatan juga diberikan kepada seluruh kepala daerah. Mereka diminta terus mengecek dan mengawasi harga-harga komoditas pangan dengan terjun langsung ke pasar.

Tidak hanya terkait beras, tetapi juga telur, tomat, daging ayam dan sebagainya.

"Urusan telor, ada 89 daerah yang mengalami hal kenaikam harga. Yang kecil-kecil seperti urusan tomat, ada 82 daerah yang mengalami kenaikan dan daging ayam ras juga 75 daerah mengalami kenaikan," ucapnya.

Baca juga: Bulog Kalsel Kembali Datangkan 5.000 Ton Beras Asal Sulsel

"Ini tolong bupati, wali kota, gubernur sering-sering masuk pasar. Cek betul di lapangan apakah data yang diberikan itu sesuai dengan fakta di lapangan."

Metode pengecekan zaman baheula yang mengirim tim atau bawahan ke lapangan sudah tidak relevan lagi diterapkan di era sekarang.

"Sudah tidak musim lagi sekarang ini yang namanya bawahan 'asal Bapak senang'. ‘Pak baik, Pak’, ‘tidak ada yang naik, Pak', 'harga stabil, Pak’. Cek langsung ke lapangan," tegas Jokowi. (Pra/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat