visitaaponce.com

Ada ADHI di Proyek Indoor Multifunction Stadium IMS Gelora Bung Karno

Ada ADHI di Proyek Indoor Multifunction Stadium (IMS) Gelora Bung Karno
Topping Off Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno(Dok.Ist)

PRESIDEN  Joko Widodo, bersama Erick Thohir Menteri BUMN, Basuki Hadimuljono Menteri PUPR, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, dan Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga, serta Retno Marsud Menteri Luar Negeri melakukan Seremoni penutupan atap Indoord Multifunction Stadium (IMS) Gelora Bung Karno.

Stadion ini dibangun oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk. – ADHI, melalui kerja sama operasi bersama PT Nindya Karya (Persero) dan PT Penta Rekayasa. Di pembangunan ini ADHI bertugas sebagai kontraktor pelaksana utama dari proses pembangunan konstruksi proyek yang akan
digunakan sebagai lokasi kegiatan perhelatan internasional, Piala Dunia Basket – FIBA World Cup 2023.

Stadion ini merupakan stadion dengan konsep multifungsi pertama di Indonesia dan berkelas karya anak bangsa yang memiliki luas bangunan hingga 50.000 meter persegi di atas lahan seluas 30.000 meter persegi. 

Fasilitas yang ada, antara lain tersedia 1 lapangan utama dan 2 lapangan latihan, di dalam bangunan dengan 5 lantai dan 1 lantai atap. Hal ini bertujuan agar penggunannya tidak hanya untuk mendukung kegiatan olahraga basket saja, tetapi juga cabang olahraga lain, serta kegiatan selain olahraga, seperti konser musik, seminar dan lainnya. Kapasitas penonton pun disiapkan hingga 16.500 orang.

Proyek ini mulai dikerjakan pada akhir  2021 dan direncanakan selesai pada Juni 2023 sebelum FIBA World Cup yang akan dilaksanakan pada Agustus 2023.

Keunggulan dari pembangunan stadion ini ialah penggunaan teknologi konstruksi Building Information Modelling – BIM pada proses pembangunan, seperti AI Analysis. Erick Thohir menerangkan, teknologi ini diterapkan untuk percepatan dan ketepatan pembangunan.

“Penggunaan AI Analysis dilakukan agar tepat tujuan dan tepat desain” ujar Erick. Stadion ini juga menerapkan green technology pada sistem perawatan dan operasional stadion ini. Berbagai keunggulan ini dijelaskan oleh Joko Widodo, sebagai bentuk perwujudan dari peningkatan fasilitas di Indonesia agar setara dengan Negara lain di Dunia.  "Kita lengkapi Jakarta agar miliki fasilitas-fasilitas yang setara dengan kota lain di dunia", ungkap Jokowi. (RO/E-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Raja Suhud

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat