visitaaponce.com

Bulog Gunakan Seluruh Jaringan untuk Salurkan Beras

Bulog Gunakan Seluruh Jaringan untuk Salurkan Beras
Potret pekerja mengangkut karung beras di gudang milik Bulog.(Antara)

PERUM Bulog siap memanfaatkan berbagai jaringan untuk menyalurkan beras ke masyarakat. Langkah itu bertujuan agar ketersediaan dan stabilitas harga beras di Tanah Air dapat terwujud.

"Kami membuka seluruh jaringan baik melalui pedagang eceran, pasar murah kerja sama dengan pemerintah daerah dan melalui mitra distributor," jelas Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mohkamad Suyamto saat dihubungi, Minggu (29/1).

Mitra distributor berkewajiban menyalurkan beras melalui jaringan pengecer (downline) dengan harga maksimal sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). Penyaluran tersebut juga diawasi oleh Satuan Tugas Pangan, Badan Pangan Nasional dan pemda setempat.

Baca juga: Bulog Gelontorkan Beras tapi Harga Beras di Kupang Masih Tinggi

Adapun Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Kelembagaan Bulog Tomi Wijaya megungkapkan bahwa perseroan menggunakan seluruh instrumen dalam penyaluran beras melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau operasi pasar.

"Itu dilakukan melalui jaringan Rumah Pangan Kita (outlet binaan Bulog), pedagang dan distributor," kata Tomi.

Menurut dia, masa panen raya yang belum tiba menyebabkan ketersediaan beras kurang melimpah. Hal itu menjadi faktor utama lonjakan harga beras di tengah masyarakat.

Baca juga: Pemprov Jabar Jamin Ketersediaan Beras

"Harga beras dalam kondisi belum panen raya, sehingga ketersediaan barang tidak banyak. Memang tidak bisa seperti saat kondisi panen raya," imbuhnya.

Namun, harga di tingkat konsumen saat ini berpotensi lebih tinggi, jika tidak ada upaya stabilisasi harga dari Bulog. Oleh karena itu, lanjut Tomi, penyaluran beras oleh perusahaan terbilang berhasil meredam lonjakan harga beras.

Hingga saat ini, stok beras di sejumlah gudang Bulog berkisar 632 ribu ton. Jumlah itu sangat mencukupi untuk kebutuhan intervensi perusahaan melalui SPHP atau operasi pasar.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat