visitaaponce.com

Menteri PUPR Basuki Minta Inkindo jaga Kualitas Konsultan Kontraktor

Menteri PUPR Basuki Minta Inkindo jaga Kualitas Konsultan Kontraktor
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pertemuan virtual di Rapimnas Dewan Pengurus DPN Inkindo, Rabu (2/2/2022).(dok.tangkapan layar)

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta para konsultan kontraktor yang tergabung dalam Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) untuk mengedepankan kualitas pekerjaan, estetika dan berkelanjutan lingkungan dalam mengerjakan proyek-proyek di Indonesia, khusus dalam proyek pembangunan di IKN. Konsultan Indonesia atau Inkindo memiliki kontribusi yang besar dalam pembangunan proyek infrastruktur, yaitu mulai dari perencanaan hingga supervisi.

"Bila pekerjaannya tidak sesuai dengan ketiga hal itu, maka proyek yang sudah dikerjakan akan saya bongkar. Sebab, ini merupakan instruksi langsung dari Bapak Presiden,"kata Basuki pada saat melakukan pertemuan virtual pada Rapimnas Dewan Pengurus DPN Inkindo, Rabu (2/2/2022).

Dijelaskan Basuki, pimpinan proyek IKN langsung dipimpin oleh Bapak Presiden Jokowi. Sedangkan dirinya ditunjuk menjadi pengawas lapangan. "Para pekerja konstruksi di IKN tidak boleh membuat bedeng-bedeng. Mereka semua tinggal di dalam tower-tower disana,"jelas Basuki.

Menurut Basuki, pemerintah saat ini sedang memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan akan terus berjalan, terutama di dalam lingkup KemenPUPR, seperti pembangunan jalan tol dan IKN. Saat ini, kata Basuki, pihaknya sedang menunggu Inpres jalan daerah  yang sudah disetujui oleh Presiden dan implementasinya akan dilakukan diseluruh Indonesia dengan nilai Rp 32 triliun yang akan dikerjakan di tahun 2023 ini.

Selain itu, lanjut Basuki, sebanyak 47 tower IKN dengan nilai Rp 9,4 triliun juga akan dikerjakan disamping Rp 125 triliun yang sudah ada sebelumnya.
"Pembangunan infrastruktur akan terus dikerjakan. Berdasarkan survei RRSI infrastuktur adalah tetap prioritas yang dibutuhkan masyarakat dan ini juga adalah tugas para anggota INKINDO,"ujar Basuki.

Sementara Ketua Umum DPN INKINDO, Erie Haryadi mengharapkan Menteri PUPR untuk memberikan dukungan adanya draft dari Peraturan Presiden tentang peningkatan daya saing jasa konsultansi yang saat ini sudah berada di Setneg untuk segera diterbitkan.

Menurut Erie Heriyadi, INKINDO merupakan asosiasi badan usaha jasa konsultansi yang telah banyak berperan dalam mendukung pembangunan di Indonesia, serta berkontribusi dalam memberikan masukan dalam penyusunan Regulasi Pemerintah. Karenanya, INKINDO berharap dapat  terus dilibatkan untuk menjadi mitra strategis Pemerintah. (OL-13)

Baca Juga: Program B35 Perlu Dukungan Pembiayaan Pemerintah agar Optimal

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat