visitaaponce.com

Juni 2023, 50 Gardu Tol di Bali Berlakukan Transaksi Nirsentuh

Juni 2023, 50% Gardu Tol di Bali Berlakukan Transaksi Nirsentuh
Ilustrasi.(ANTARA)

PEMERINTAH akan menerapkan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi lane Free Flow (MLFF) maksimal di 50% gardu tol. Uji coba sistem tersebut akan berlangsung pada Juni 2023 di Jalan Tol Bali Mandara, Bali. 

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Ali Rachmadi dalam Diskusi Publik Peluang dan Tantangan Implementasi Sistem Bayar Tol Tanpa Henti, di Jakarta, Selasa (7/2).

Baca juga: Dorong Pertumbuhan Industri untuk Jaga Kinerja Ekonomi

"Nanti saat transisi ke MLFF, periode pembayaran eksisting masih dengan tapping (kartu) dilakukan 50% dari gardu gerbang tol atau paling sedikit 20% dari gardu untuk pembayaran non tunai nirsentuh," ungkapnya. 

Pengguna tol harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Cantas untuk melakukan registrasi secara benar. Ali mengatakan jika satu mobil digunakan misalnya lima orang dalam satu keluarga, boleh didaftarkan semua namanya. Namun penanggungjawab hanya satu yakni pemilik kendaraan. 

Dalam aplikasi Cantas, pengguna akan diminta untuk memasukkan opsi pembayaran transaksi tol nirsentuh melalui mobile banking atau aplikasi pembayaran lainnya. 

Sistem MLFF mengandalkan teknologi satelit Global Navigation Satellite System (GNSS) untuk mengecek pergerakan kendaraan saat melewati jalan tol dan akan dideteksi melalui teknologi satelit tersebut.

"Jika pengendara tidak punya saldo atau ada gangguan internet, dia punya waktu maksimal dua jam untuk melakukan top up untuk pembayaran," jelas Ali.

Ia juga menjelaskan bagi pengguna yang tidak memiliki smartphone untuk mendaftar di Cantas, akan disediakan pilihan transaksi pembelian route ticket (tiket elektronik) di sejumlah convenience store atau minimarket.

"Nanti sebelum masuk tol, pengguna bisa cari di convenience store, mereka harus tahu dahulu rute mana yang akan dilewati. Kita nanti akan lakukan kerja sama dengan sejumlah convenience store," ungkapnya. 

Selain Bali, Ali menuturkan uji coba sistem MLFF akan diberlakukan di lima wilayah lainnya, salah satunya di Jabodetabek.

Saat ini pemerintah tengah merampungkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait penerapan MLFF. Ditargerkan payung hukum tersebut rampung pada Maret mendatang. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat