visitaaponce.com

Uji Coba Bayar Tol Nirsentuh akan Berjalan di 2023

Uji Coba Bayar Tol Nirsentuh akan Berjalan di 2023
Uji coba tol nontunai nirsentuk di Tol Bali Mandara diterapkan 2023(MI/AGUNG WIBOWO)

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono memastikan uji coba sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) akan berjalan di tahun ini.

Pada awal Juni, uji coba sistem tersebut seharusnya bisa diterapkan di Jalan Tol Bali Mandara, namun batal dijalankan.

"Ya lanjut terus. Iya di Bali nanti. Kita lihat nanti uji cobanya seperti apa," kata Basuki di Kompleks Senayan, Rabu (7/6).

Baca juga: Uji Coba Pembayaran Tol Nirsentuh Ditunda

Basuki menerangkan ditundanya uji coba sistem MLFF karena ada permasalahan internal di PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), selalu badan usaha pelaksana (BUP) proyek tersebut di Tanah Air. Ia memastikan ditundanya proyek tersebut tidak terpengaruh ke uang negara.

Dilansir laman resmi Kementerian PU-Pera, MLFF merupakan hasil dari kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hungaria. Pemerintah Hungaria berinvestasi 100% dari proyek ini dengan nilai investasi Rp4,5 triliun dalam bentuk kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Baca juga:Uji Coba Pembayaran Nontunai Tol Nirsentuh Bali Mandara Batal. Ini Alasannya

"Ada masalah internal (RITS), tidak ada masalah soal itu (anggaran). Itu investasi kan tidak ada anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN)," tegas Menteri PU-Pera.

Basuki menjelaskan saat ini masih menunggu penyelesaian revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Revisi aturan ini sebagai payung hukum penerapan MLFF. Nantinya diatur mekanisme penegakan hukum pelanggaran MLFF.

"Ini lagi tunggu (revisi) PP-nya. Ada soal sanksi. Kalau di Hungaria kan (pembayaran denda) hingga 30 kali lipat, kalau di sini masih belum disepakati," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat