visitaaponce.com

Penerbangan Langsung Xiamen-Denpasar Diharap Dongkrak Kunjungan Wisman

Penerbangan Langsung Xiamen-Denpasar Diharap Dongkrak Kunjungan Wisman
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.(DOK MI)

PENERBANGAN langsung (direct flight) dari Tiongkok melalui Bandar Udara Gaoqi Xiamen, Tiongkok menuju Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali resmi dibuka kembali, Jumat (3/3) lalu dengan frekuensi penerbangan setiap hari.

Sebelumnya, Bandara Ngurah Rai telah melayani penerbangan charter dari Shenzen–Denpasar seminggu sekali oleh maspakai Lion Air dengan menggunakan pesawat Boeing 737-900.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) M Kristi Endah Murni mengatakan, penerbangan langsung tersebut diyakini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan manca negara (wisman) di Bali. Tiongkok memang menjadi salah satu potensi market besar bagi pariwisata di Bali.

"Saat ini tercatat sebanyak 1.143 wisman asal Tiongkok datang ke Bali sejak awal 2023. Dengan adanya penerbangan langsung secara reguler tentunya akan sangat mendukung," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (5/3).

Penerbangan langsung Xiamen–Denpasar pada Jumat lalu menjadi penerbangan pertama setelah ada pandemi covid-19. Penerbangan itu menggunakan pesawat Xianmen Airlines Boeing 738-800 dengan kapasitas 169 kursi. Jadwal kedatangan pesawat dari Xiamen ke Bali pada pukul 23.15 WITA pada Jumat lalu dan kembali ke Xiamen pukul 00.15 WITA, Sabtu (4/3).

Kristi berharap aksesbilitas penerbangan dari Tiongkok ke Indonesia semakin mendorong pemulihan sektor penerbangan, terutama rute penerbangan internasional tak hanya di Bali, melainkan juga di kota-kota lainnya. Selain dari Negeri Tirai Bambu, pada awal Maret 2023 lalu telah beroperasi penerbangan langsung satu kali seminggu dari  Narita, Tokyo menuju Bandara SAM Ratulangi Manado oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat Airbus A333 kapasitas 250 kursi.

"Dengan ramainya konektivitas penerbangan ke kota-kota yang terhubung dengan rute internasional, diharapkan mampu mendorong pemulihan sektor penerbangan di Indonesia setelah pandemi," tutup Kristi. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat