visitaaponce.com

Bandara Juanda Tambah Rute Penerbangan Domestik dan Internasional

Bandara Juanda Tambah Rute Penerbangan Domestik dan Internasional
Sebanyak empat rute penerbangan domestik dan internasional ditambahkan di Bandara Juanda.(MI/Heri)

BANDARA Juanda di Kabupaten Sidoarjo menambah beberapa rute penerbangan domestik dan internasional sejak Agustus lalu. Penambahan rute yaitu Labuan Bajo, Banyuwangi, Berau, dan Kuala Lumpur.

"Alhamdulillah, sejak Agustus hingga awal September ini kita sudah menambahkan empat rute. Di mana tiga merupakan rute baru dan satu reaktivasi dari rute lama," kata General Manager Bandara Juanda Sisyani Jaffar, Kamis (7/9).

Adapun maskapai yang menambahkan rute yaitu Airasia menuju Labuan Bajo. Kemudian Lion Group, yaitu Super Airjet menuju Kuala Lumpur dan Batik Air menuju Berau. Serta reaktivasi rute dari Wings Air menuju Banyuwangi.

Baca juga: Meski Berkabut Asap, Penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi tidak Terganggu

Sisyani Jaffar menyampaikan antusiasme dan optimismenya atas pembukaan rute baru dari Bandara Juanda. Mewakili manajemen, dia menyambut baik dan sangat antusias dengan pembukaan rute-rute penerbangan tersebut.

"Tidak hanya akan memberikan kemudahan akses, namun juga diharapkan dapat memperkuat daya saing potensi perdagangan, bisnis, dan kepariwisataan sebagai kontribusi upaya percepatan pemulihan perekonomian,� kata Sisyani.

Baca juga: Soetta Sambut Delegasi KTT ASEAN, tidak Ada Penutupan Penerbangan Reguler

Sisyani Jaffar menjelaskan dengan penambahan rute tersebut Bandara Juanda melayani 28 rute baik domestik maupun internsional. Saat ini Bandara Juanda melayani 20 rute domestik yaitu Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Berau, Banyuwangi, Denpasar, Jakarta, Kupang, Labuan Bajo, Lombok, Makassar, Manado, Palangkaraya, Palembang, Pangkalan Bun, Pontianak, Samarinda, Sampit, Tarakan dan Yogyakarta. Sedangkan untuk internasional melayani delapan rute yaitu Singapura, Kuala Lumpur, Johor Baru, Penang, Hongkong, Jeddah, Madinah dan Brunei.
 
Menurut Sisyani Jaffar dengan bertambahnya rute yang dilayani pihaknya semakin optimis jumlah penumpang semakin meningkat. Pihaknya yakin menuju akhir tahun setidaknya jumlah penumpang bisa sama dengan jumlah bisa sama seperti saat sebelum pandemi.

Jumlah penumpang hingga akhir Agustus mencapai 9.262.752 penumpang atau meningkat 36% dibandingkan periode tahun, yang mencapai 6.797.711 penumpang. Peningkatan jumlah penumpang tahun ini jika dibandingkan sebelum pandemi atau tahun 2019 sudah tercapai recovery rate sebesar 86%, yang mencapai 10.806.142, sehingga sudah sangat mendekati kondisi seperti sebelum pandemi.

Sedangkan untuk jumlah pesawat yang dilayani Bandara Juanda hingga Agustus 2023 yaitu mencapai 63.799 pesawat. Angka itu meningkat sebesar 29 persen jika dibandingkan dengan periode Agustus 2022 yang mencapai 49.479 pesawat.

"Jika dibandingkan dengan jumlah pesawat pada Agustus 2019 saat sebelum pandemi di mana jumlah pesawat yang dilayani sebanyak 84.020 pesawat, jumlah pesawat telah recovery mencapai 86 persen. Sehingga kami optimis bahwa hingga akhir tahun baik jumlah pesawat maupun penumpang dapat kembali seperti sebelum pandemi," ujarnya. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat