visitaaponce.com

Di Hadapan Diplomat Korsel dan ASEAN, Krakatau Posco Beberkan Rencana Investasi tahap Kedua

Di Hadapan Diplomat Korsel dan ASEAN, Krakatau Posco Beberkan Rencana Investasi tahap Kedua
Kunjungan diplomat Korsel dan ASEAN ke fasilitas Krakatau Posco(Dok. Krakatau Posco)

PERUSAHAAN patungan PT Krakatau Steel dan Posco Korea, Krakatau Posco berencana untuk melakukan invetasi tahap kedua pada ekosistem industri baja di Indonesia.

Hal itu disampaikan Presiden Direktur Krakatau Posco Kim Kwang-Moo saat menerika kunjungan Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN Satvinder Singh, Duta Besar Korea Selatan untuk ASEAN Kwon Hee-Seog, dan pimpinan Korean Chamber of Commerce and Industry (Kocham), di Cilegon, Banten. 

Kim Kwang-Moo menyebutkan juga akan meningkatkan kapasitas produksi baja hingga 6 juta ton per tahun. Dalam jangka waktu yang lebih panjang, Krakatau Posco berencana membangun sistem produksi Green Steel berbasis teknologi netralitas karbon sebagai respon untuk mengurangi gas rumah kaca.

Baca juga : Meraih Kemakmuran dari Kerja Sama Perdagangan Indonesia-Australia

“Berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan ASEAN, Krakatau Posco berencana melakukan investasi tahap kedua untuk memperluas kapasitas produksi dan membangun fasilitas hilir untuk produk baja kelas atas seperti baja otomotif,” kata Kim.

Sebagai tambahan, saat ini Posco Group juga sedang meninjau untuk turut serta membangun pondasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan kawasan ASEAN dengan memproduksi dan memasok bahan baterai EV dan baja otomotif EV dalam waktu dekat.

Baca juga : Perkuat Bisnis Nippon Group, KJL Tambah Armada Angkut

Duta Besar Korsel untuk ASEAN Kwon Hee Seog menyampaikan keyakinannya terhadap Krakatau Posco yang telah terbukti memiliki daya saing yang tinggi dan berhasil melalui krisis global yang terjadi akibat pandemi dengan membukukan profit yang tinggi selama 2021-2022. 

"Kami optimis Krakatau Posco dapat terus berkontribusi dalam memperkuat daya saing industri masing-masing negara dengan memasok produk baja berkualitas tinggi ke kawasan ASEAN. Kami juga berharap bahwa Perusahaan dapat memainkan peran kunci dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di ASEAN.

Deputi Sekjen ASEAN Satvinder Singh menambahkan, Krakatau Posco adalah salah satu bukti perwujudan kerja sama regional antarnegara di ASEAN (Indonesia) dan Korea yang mampu memperkuat perekonomian di kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Ia berharap kerja sama yang baik dengan pelaku industri Korea ini juga dapat terus berkembang.

“Krakatau Posco adalah kejutan bagi kami. Perusahaan ini menjadi model percontohan yang baik untuk kolaborasi dua negara yang sama-sama membangun perekonomian di ASEAN. Kami harap semangat ini dapat ditularkan kepada negara-negara lain di ASEAN agar misi kami di Asia Tenggara untuk memperkuat ekonomi dapat tercapai,” tutup Satvinder. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat