visitaaponce.com

BMRI Resmi Stock Split dengan Rasio 12

BMRI Resmi Stock Split dengan Rasio 1:2
Nasabah bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri, Jakarta, Senin (8/7/2019).(ANTARA/M RISYAL HIDAYAT)

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk resmi melakukan pemecahan saham BMRI yang beredar atau stock split dengan rasio 1:2 pada Selasa (4/4). 

Pemecahan saham Bank Mandiri bukan lah yang pertama kalinya dilakukan. Sebelumnya, mereka pernah menggelar aksi serupa pada 13 September 2017 dengan rasio sebesar 1:2.

Saat itu, saham BMRI yang diperdagangkan menjadi Rp 6.700 per lembar dari harga sebelum stock split di kuartal III 2017 sebesar Rp 13.400 per lembar.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha menjelaskan stock split kali ini dilakukan untuk meningkatkan likuiditas saham dan memperluas aksesibilitas investor untuk berinvestasi pada perusahaan.

Merujuk pada pembukaan perdagangan bursa, harga baru saham BMRI berada di posisi Rp5.250 per lembar saham, dari sebelumnya pada penutupan perdagangan Senin (3/4) di posisi Rp10.525 per lembar saham, atau naik sebesar 1,94%.

Sebelum melakukan pemecahan, nilai nominal saham BMRI adalah sebesar Rp250 per saham dengan jumlah saham 46,66 miliar lembar. Setelah pemecahan, nilai nominal saham adalah Rp125 per saham dengan jumlah saham sebanyak 93,33 miliar lembar.

Sedangkan, jumlah saham bank bagian dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) ini dalam modal dasar, juga akan bertambah dari semula 64 miliar lembar menjadi 128 miliar lembar setelah stock split.

"Untuk saham Seri A Dwiwarna akan tetap dipertahankan satu saham, dan sisanya diperhitungkan menambah jumlah saham Seri B milik Negara Republik Indonesia dan tetap menjadi pemegang saham pengendali
perseroan," ujar Rudi.

Rudi menilai pihaknya ke depan akan tetap fokus pada pertumbuhan bisnis dan peningkatan kinerja keuangan di tengah tantangan ekonomi di tingkat global.

"Kami berharap dengan stock split ini, investor akan lebih mudah untuk berinvestasi pada saham BMRI dan turut mendorong pertumbuhan bisnis Bank Mandiri secara berkelanjutan," ujar Rudi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat